6 Sniper Terbaik di Dunia, 1 dari Indonesia

Penembak Jitu
Penembak Jitu. Image via: Medium

TehGram.com – Coba bayangkan kalian sedang jalan-jalan diperkotaan, kota ini adalah kota yang sedang mengalami perang antar negara, suatu ketika aku berjalan-jalan sekitar 700 meter dari tempat aku tinggal tiba-tiba terdengar tembakan, duaarrr seseorang tentara di depan ku jatuh, aku mengiranya pingsan dan ternyata tertembak peluru. Aku berkeringat dengan deras, gugup, ketakutan dan aku lari sekuat tenaga mencari perlindungan dalam hati aku berkata siapa menembaknya, dimana, kenapa, suasana makin mencekam, mata ku terbuka lalu aku terbangun dari mimpi, huuh syukurlah itu hanya mimpi. Aku teringat sesuatu yang bisa melakukan tembakan dari jauh hanya lah pasukan penembak jitu atau sniper terbaik yang terlatih khusus membidik sasaran bernilai tinggi seperti komandan musuh.

Sniper biasanya terdiri dari dua orang yang mempunyai tugas berbeda satu sebagai penembak, dan satu orang lagi sebagai spotter yaitu penunjuk sasaran. Mereka tersembunyi, berkamuflase, mengamati, memilih target, jarak mereka dari target sangatlah jauh seperti yang di lakukan Rob Furlong menembak musuh dari jarak 2,5 km.

Berikut 6 Sniper Terbaik di Dunia, 1 dari Indonesia

1. Rob Furlong

Kemampuannya menembaknya tidak di ragukan lagi terbukti pada perang Afganistan dalam operasi Anaconda tahun 2002, Rob Furlong memilih sasaran dari jarak 2.430 m atau 2,5 kilometer mantan penembak jitu militer Kanada ini berhasil membunuh lawan dengan tiga kali tembak.

Sniper atau Penembak Jitu
Sniper Rob_Furlong. Image via: Taiwan News

2. Craig Harrison

Harrison mampu membidik target dari jarak 2,475 meter dengan kondisi lingkungan sempurna, tidak ada angin, cuaca bagus, tidak ada halangan, dan jarak pandang jelas.

Kejadian ini terjadi pada perang Afganistan melawan Taliban November 2009, menggunakan L115A3 Long Range Rifle, Craig Harrison menyerang dua senapan mesin dari jarak 2,475 meter milik Taliban di selatan Musa Qala, Afganistan.

Sniper atau Penembak Jitu
Sniper Craig Harrison. Image via: Daily Mail

3. Chris Kyle

Kyle adalah anggota Navy SEAL yang pernah ikut berperang di Irak dan berjasa dalam pertempuran. Saat di Irak Chris Kyle memburu sniper musuh yang membidik anggota militer Amerika Serikat terjadi pada 2008 di luar Sadr City. Selama pertempuran Kyle mencari, mengamati, berburu kemudian berhasil mengetahui posisi sniper tersebut, setelah ia yakin itu adalah dia sniper musuh yang dimaksud, Kyle menembaknya duarr dalam sekejap musuh tewas dari jarak 1.920 meter.

Baca Juga: 6 Senjata Terbaik Sniper untuk Menembak Jarak Jauh

Sniper atau Penembak Jitu
Sniper Chris Kyle. Image via: The Intercept

4. Simo Hayha

Hayha memiliki julukan “white Death” diberikan oleh Uni Soviet karena ia selalu mengenakan pakaian putih.

Sniper ini memiliki keahlian sangat luar biasa sangat jarang di miliki sniper lain. Simo Hayha mampu menembak musuh di kejauhan walaupun tanpa dibantu scope.

Hayha pernah membunuh 705 prajurit Uni Soviet dalam 100 hari saat Soviet menyerang Finlandia pada 1939.

Sniper atau Penembak Jitu
Sniper Simo Hayna. Image via: Rare Historical Photos

5. Vasily Zaytsev

Anggota sniper Uni Soviet ini pernah membunuh 242 orang, termasuk 11 penembak jitu. Keahliannya terbukti pada Perang Dunia II di Stalingrad saat itu Vasily berada di garis depan melawan sniper Jerman, Major Konig. Mereka saling memburu satu sama lain, mengamati pergerakan dan konsentrasi tinggi. Butuh waktu tiga hari mereka saling memburu. Akhirnya pertempuran dua sniper andalan ini dimenangkan oleh Vasily.

Sniper atau Penembak Jitu
Sniper Vasily Zaytsev. Image via: The Stallingrad Front

6. Tatang Koswara

Pada perang melawan Fretelin dalam operasi Timor Timur 1977-1978. Tatang berhasil melumpuhkan 49 lawan dengan hanya 50 peluru. 1 butir peluru yang disisakan untuk berjaga-jaga kalau di tangkap lawan. Ia memastikan akan menembak dirinya sendiri daripada jatuh di tangan lawan.

Tatang Koswara adalah salah satu anggota TNI terbaik ke-13 di dunia dalam perannya menjadi sniper. Senjata yang digunakannya ialah senapan Winchester model 70 saat bertempur di Timor Leste.

Penembak Jitu Tatang Koswara
Almarhum Tatang Koswara. Image Wikipedia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *