Ngeri! Siap Meluncur Kapan Saja, Inilah 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak

Negara Pemilik senjata Nuklir Terbanyak di Dunia
Minuteman 3. Image via: Missile Threat

Nuklir adalah senjata paling menakutkan di muka bumi karena jika sampai digunakan akan banyak sekali menelan korban jiwa. Diprediksi perang nuklir akan terjadi dimasa depan jika salah satu negara pemilik senjata nuklir berhadapan satu sama lain. Hulu ledak nuklir biasanya akan dipasangkan dengan rudal balistik (ICBM) yang mampu menjangkau ribuan kilometer menuju target yang dipilih.

Kekuatan daya ledak nuklir sangatlah dahsyat mampu menghancurkan apa saja yang dilewatinya daya jangkau ledakannya mencapai ratusan kilometer dan jika target mereka adalah laut maka ledakannya dapat menyebabkan tsunami, gelombang besar yang terjadi dapat menghantam apa saja di pinggir pantai dan kota terdekatnya. Dengan senjata nuklir juga menjadikan pemiliknya menjadi negara terkuat mampu menekan negara-negara lain untuk tidak menyerang. Siapa saja negara pemilik senjata nuklir terbanyak?

Berikut 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir terbanyak di Dunia

1. Rusia (6.735 Hulu Ledak Nuklir)

Rusia berada di posisi pertama memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia. Pertama kali menguji senjata nuklir pada Agustus 1949 saat Rusia masih bernama Uni Soviet. Dengan perkembangan sangat pesat tahun 1961 Rusia memiliki senjata nuklir terbesar yaitu Tsar Bomba, kekuatan ledaknya mencapai 50 megaton setara dengan bom yang dijatuhkan di kota Hiroshima pada 1945. Jamur ledakkannya seluas 100 kilometer dengan tinggi 64 kilometer. Cahaya ledakan Tsar Bomba juga bisa terlihat hingga 1.000 kilometer.

Rusia terus menerus mengembangkan persenjataan srategisnya untuk menghilangkan senjata lama di era Uni Soviet dengan persenjataan lebih baru. Saat ini Rusia memiliki 6.735 hulu ledak nuklir yang siap di sematkan dengan rudal balistik seperti R-36M2, Avangard, Topol, Topol-M, RS-24 Yars dan Sarmat.

Negara Pemilik Hulu Ledak Nuklir Terbanyak
RS-24 Yars (SS-27 Mod 2) ICBM. Image via: Wikimedia Common.

2. Amerika Serikat (5.800 Hulu Ledak Nuklir)

Amerika Serikat mempunyai 5.800 hulu ledak nuklir dan 1.750 dalam posisi siaga tempur. Amerika Serikat menjadi negara pertama yang pernah menjatuhkan nuklir ke negara lain. AS mulai mengembangkan senjata nuklir selama Perang Dunia II dan berhasil menguji nuklir pertamanya pada Juli 1945.

Negara Pemilik senjata Nuklir Terbanyak
Minuteman Missile. Image via: Britanica

3. China (320 Hulu Ledak Nuklir)

1964 adalah tahun pertama China melakukan uji coba nuklir di Lop Nur di Gurung Gobi, Provinsi Xianjiang. Beijing menguji coba nuklir sebanyak 45 kali, termasuk 23 uji coba melampaui atmosfer dan 22 kali di bawah tanah. Saat ini China diperkirakan memiliki sekitar 320 hulu ledak nuklir yang siap diluncurkan dari mana saja.

jumlah senjata nuklir
Rudal Milik China. Image via: The Economic Times

4. Prancis (290 Hulu Ledak Nuklir)

Prancis menggunakan kekuatan mereka sendiri untuk mengembangkan senjata nuklir, untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara tanpa mengandalkan AS dan NATO. Senjata nuklir mereka bernama Gerboise Bleu, pertama kali diluncurkan pada Februari 1960-an. Jumlah yang dimiliki Prancis saat ini adalah 290 hulu ledak nuklir dan 280 dalam posisi siaga tempur.

jumlah senjata nuklir di dunia
Rudal M51 Prancis. Image via: Defpost

5. Inggris (250 Hulu Ledak Nuklir)

Pada tahun 1952, Inggris menjadi negara ketiga yang berhasil menguji senjata nuklir. Uji coba tersebut diberi nama kode “Hurricane” di Kepulauan Montebello di Australia bagian barat. Sebanyak 12 kali uji coba telah berhasil dilakukan Inggris antara tahun 1952 hingga 1957 yang meliputi kepulauan Montebello, Emu Field dan Maralinga.

Saat ini Inggris memiliki 250 hulu ledak nuklir dengan 120 dalam posisi siaga tempur yang siap diluncurkan menggunakan rudal Trident II mampu menjangkau hingga 11.000 kilometer.

Baca Juga:

Negara Pemilik senjata Nuklir Terbanyak di Dunia
Trident Missile. Image via: RT News

6. Pakistan (160 Hulu Ledak Nuklir)

Pakistan menjadi negara ke enam pemilik senjata nuklir terbanyak di dunia sekitar 160 hulu ledak nuklir. Negara ini memulai pengembangan senjata nuklir sejak 1972 dan mengujicoba senjata nuklir pada tahun 1998.

Negara Pemilik Hulu Ledak Nuklir Terbanyak
Rudal Milik Pakistan. Image via: Radio Free Europe

7. India (150 Hulu Ledak Nuklir)

India menguji coba senjata nuklir pertama kali pada tahun 1974 dengan nama kode sandi Smiling Buddah, pengujian ini dilakukan dengan sangat rahasia pada saat itu hanya perdana Menteri dan penasihat keamanan saja yang mengetahuinya. India mempunyai kebijakan (No First Use), yang berarti mereka berjanji tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir dalam pertempuran, kecuali India diserang lebih dulu oleh negara lain. Saat ini India memiliki 150 hulu ledak nuklir yang siap digunakan jika negara lain menyerang lebih dulu dengan nuklirnya.

jumlah senjata nuklir
Rudal Milik India. Image via: UK Defence Journal

8. Israel (90 Hulu Ledak Nuklir)

Pemerintah Israel secara resmi tidak pernah mengakui atau membantah telah memiliki senjata nuklir. Banyak negara beranggapan Israel memiliki senjata nuklir rahasia yang mereka sembunyikan secara rapi. Pada tahun 1986, teknisi nuklir Israel bernama Mordechai Vanunu mengungkapkan bahwa Israel adalah negara pemilik nuklir terbesar keenam setelah AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China. Gara-gara pengungkapan ini Vanunu ditangkap di Italia dan dibawa ke Israel dihukum 18 tahun penjara karena pengkhianatan dan mata-mata. Diperkirakan terdapat 90 hulu ledak nuklir yang di miliki Israel saat ini.

jumlah senjata nuklir di dunia
Rudal Milik Israel. Image via: The Times of Israel

9. Korea Utara (30-40 Hulu Ledak Nuklir)

Beberapa tahun belakangan negara Amerika Serikat mencoba menghambat perkembangan senjata nuklir Korea Utara dengan menjatuhkan beberapa sanksi ekonomi. Tapi, sanksi tersebut sepertinya tidak berpengaruh, Korut tetap mengembangkan program nuklir mereka. Pada 2017 lalu Korut berhasil menguji coba bom hidrogen yang di masukkan ke dalam rudal balistik antarbenua (ICBM) dengan daya ledak mencapai 100 kiloton. Uji coba ini merupakan yang keenam sejak pertama kali dilakukan pada 2006. Negara tertutup ini diperkirakan memiliki 30 sampai 40 hulu ledak nuklir yang mereka simpan.

jumlah hulu ledak nuklir di dunia
Rudal Milik Korea Utara. Image via: South China Morning Post

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *