6 Senjata Terbaik Sniper untuk Menembak Jarak Jauh

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Sniper yang Sedang Menbidikkan Senjatanya ke Target. Image via: Business Insider

Pasukan yang satu ini adalah pasukan pembunuh musuh secara diam-diam, tersembunyi, lokasinya jauh dari target, dia adalah sniper atau penembak jitu terlatih secara khusus mempunyai kemampuan luar biasa, menembak, memperkirakan, berkamuflase, pengamatan, memilih target, serta pernapasan yang terlatih. Sniper di tujukan untuk mengurangi kemampuan musuh dengan cara membunuh sasaran yang bernilai tinggi seperti komandan musuh. Senjatanya pun menggunakan senjata sniper terbaik dan berkaliber besar seperti 50 BMG (12,7 mm).

Pada perang perkotaan sniper bertugas melindungi pergerakan infanteri. Tim sniper terdiri dari dua orang yang mempunyai tugas berbeda satu sebagai penembak, dan satu orang lagi sebagai spotter yaitu penunjuk sasaran. Dalam praktiknya, spotter dan penembak biasa bergiliran menembak, agar mengurangi kelelahan pada mata.

Inilah Senjata Terbaik Sniper / Penembak Jitu

1. Barrett M82, Amerika Serikat

Senjata semi otomatis ini dirancang untuk menghacurkan peralatan musuh seperti pesawat yang diparkir, unit radar, truk dan asset penting lainnya dari jarak jauh. Di kembangkan perusahaan Amerika Barret Firearms Manufacturing pada tahun 1980. Menggunakan peluru .50 BMG (12,7 mm) yang mampu menembus bata dan beton sekalipun. Barrett M82 memiliki pembesaran 10x di lengkapi dengan peralatan penglihatan malam. Jarak efektif menembak adalah 1800 meter dari target. Harga senjata ini sekitar US$8.900.

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper Barrett M82. Image via: Artstation

2. Steyr SSG 69, Austria

SSG 69 termasuk senjata populer yang di gunakan Angkatan darat Austria, di ekspor ke berbagai negara seperti Argentina, Chili, Yunani, India, Indonesia, Irlandia, Yordania, Belanda, Pakistan, Peru, Arab Saudi dan Turki. Bahkan unit patroli perbatasan Amerika menggunakannya. Senjata ini menggunakan amunisi berkaliber 7,62 mm buatan Steyr Mannlicher, jarak efektif dari target adalah 800 meter dengan jangkauan 3700 meter.

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper Steyr SSG 69. Image via: Guns International

3. Accuracy International Arctic Warfare Magnum (AWM), Inggris

AWM adalah senjata buatan Inggris salah satu yang terbaik di dunia, di produksi oleh perusahaan Accuracy International. Senjata sniper ini dapat memuat lima peluru bertipe .338 Lapua Magnum dan .300 Winchester Magnum. Scope atau alat bidiknya menggunakan Schmidt & Bender dengan tipe Schmidt & Bender PM II 10×42/MILITARY MK II 10×42 dengan 10 kali kemampuan zoom buatan Jerman. Jarak efektif dari target adalah 1100 meter (.300 Winchester Magnum) dan 1400 meter (.338 Lapua Magnum).

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper Arctic Warfare Magnum AWM. Image via: Pinterest

4. Barrett M95, Amerika Serikat

M95 tidak sepopuler M82 yang digunakan hampir 60 negara. M95 adalah senjata bullpup, bolt-action buatan Barrett Firearms Company menggunakan amunisi peluru kaliber .50 BMG (12,7 mm). Jarak jangkauan senjata ini adalah 1800 meter memuat 5 butir amunisi. 15 negara telah mengadopsi senjata ini di antaranya adalah Argentina, Austria, Denmark, Finlandia, Yunani, Georgia, Italia, Yordania, Malaysia, Filipina, Spanyol, Thailand, Turki, dan beberapa negara lain.

Baca Juga: 5 Tank Terbaik dan Terkuat di Dunia

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper Barrett M95 Image via: Artstation

5. Sako TRG 42, Finlandia

Sama seperti AWM, TRG 42 senjata jarak jauh buatan Finlandia di rancang oleh pabrikan Sako. Menggunakan amunisi .300 Winchester Magnum (7.62 × 67mm) dan .338 Lapua Magnum (8.6 × 70mm) serta dilengkapi optik malam dan siang. Jarak efektif untuk menembak adalah 800 meter. Kinerja senapan ini sebanding dengan British Accuracy International Arctic Warfare Magnum (AWM) dan Swiss Brugger & Thomet APR308 dan APR338.

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper Sako TRG 42. Image via: Youtube

6. M24, Amerika Serikat

M24 SWS (Sniper Weapon System) adalah senjata versi Remington Model 700 yang dikembangkan pada 1980-an untuk menggantikan Springfield Armory M21, dan pertama kali diturunkan pada tahun 1988. Jarak tembak efektif 800 meter menggunakan amunisi NATO 6,62 x 51 mm dan 1.500 meter menggunakan .338 Lapua Magnum. Berat senjata ini mencapai 7,3 kg jika penglihatan teleskopik terpasang.

Senjata Sniper atau Penembak Jitu
Senjata Sniper M24 SWS. Image via: Wikipedia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *