4 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia untuk Berperang

Pesawat Tempur Canggih Sukhoi Su-35
Pesawat Tempur Canggih Sukhoi Su-35 Ketika Berada di Udara. Image Via: Wikipedia

Negara maju terus menerus mengembangkan peralatan pesawat tempur tercanggih mereka perlombaan ini akan menjadikan negara tersebut menjadi terkuat di dunia dalam pertempuran udara keberadaannya sangat penting untuk menjaga negara masing-masing.

Dalam pengembangannya pesawat tempur selalu meningkatkan kemampuan dan kecanggihannya mulai dari fitur siluman fitur ini membuat pesawat tempur tidak terlihat di radar menjadikannya seperti hantu yang tidak terlihat, jadi jangan heran ketika pesawat tempur canggih ini menyerang kamu tidak akan tahu dari arah mana mereka akan menyerang tiba-tiba saja markas telah hancur lebur, ada juga rudal udara ke darat ketika di tembakkan dari ketinggian pesawat menuju koordinat yang sudah di tentukan akan menghancurkan markas musuh di darat dengan mudah, satu lagi yang tidak kalah canggih yaitu perperangan elektronik menurut Wikipedia Peperangan elektronik mengacu pada tindakan yang melibatkan penggunaan spektrum elektromagnetik atau energi yang diarahakan untuk mengendalikan spektrum, menyerang musuh, menghalangi serangan musuh melalui spektrum.

Tujuan dari peperangan elektronik ialah untuk mencegah keuntungan musuh dan memastikan teman tidak terhalang akses ke spektrum elektromagnetik.

Peperangan elektronik bisa dilakukan melalui udara, laut, darat, dan luar angkasa baik dengan alat yang berawak maupun tidak dan dapat menarget manusia, komunikasi, radar dan atau aset yang lain.

Berikut 4 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia Menurut TehGram:

1. Lockheed Martin F-22 Raptor

Pesawat tempur canggih F-22 Raptor di rancang menjadi superioritas di udara mempunyai kelebihan tak terdeteksi mampu menghindari deteksi sensor dan gelombang radar, dalam hal senjata F-22 Raptor memiliki tiga senjata internal yang mampu membawa rudal sekaligus. Terdapat kemampuan yang mencakup serangan darat, peperangan elektronik, dan memainkan peran sinyal intelijen.

F22 Raptor Pesawat Tempur Siluman Tercanggih di Dunia
F22 Raptor Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia untuk Berperang. Image Via: Wikipedia

2. F-35 Lightning II

F-35 Lightning II atau Joint Strike Fighter adalah pesawat tempur tercanggih generasi ke-5, sama seperti F-22 Raptor yang memiliki kemampuan siluman. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara (dogfight), dukungan udara jarak dekat, serangan ke permukaan, dan pengeboman taktis.

F-35 memiliki kecepatan 1,809 km/jam. Ia dapat membawa muatan 6.803 kg dan memiliki jangkauan penerbangan sejauh 1,448.4 km. F-35 juga memiliki kesamaan pengaturan suhu seperti pesawat luar angkasa.

Jet tempur modern ini juga memiliki fitur yang sangat keren yaitu mampu mendarat secara vertikal.

Peswat Tempur Canggih Lockheed Martin F-35 Lightning II
F-35 Lightning II atau Joint Strike Fighter adalah pesawat canggih generasi ke-5, sama seperti F-22 Raptor yang memiliki kemampuan siluman. Image Via: Wikipedia

3. Sukhoi Su-35

Pesawat tempur canggih buatan Rusia yaitu Sukhoi Su-35, NATO (Pakta Pertahanan Anlantik Utara) menyebutnya Flanker-E, pesawat tempur multiperan ini dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagel dan F-16 Fighting Falcon.

Baca Juga: Daftar Kapal Perang Canggih di Berbagai Negara

Pesawat ini memiliki kecepatan hingga 2.930 km/jam, maksimal berat senjata yang dapat di bawanya adalah 8.000 kg di tempatkan pada 12 titik di bawah sayap dan badan pesawat.

Pesawat Tempur Canggih Sukhoi Su-35
Pesawat Tempur Canggih Sukhoi Su-35 Ketika Berada di Udara. Image Via: Wikipedia

4. Eurofighter Typhoon

Pesawat tempur ini menjadi andalan negara-negara di Eropa memiliki kecepatan 2.495 km/jam, menggunakan sayap delta dan sayap kanard bermesin ganda super lincah, yang dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa.

Eurofighter sendiri merupakan pesawat tempur multi fungsi, kelasnya mungkin dapat disetarakan dengan keluarga SU-27 Flanker dari Russia atau keluarga F-15 Eagle dari Amerika Serikat.

Pesawat Tempur Canggih Eurofighter Typhoon
Pesawat Tempur Canggih Eurofighter Typhoon. Image Via: WIkipedia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *