Peneliti Mengembangkan Sarung Tangan Canggih Penerjemah Bahasa Isyarat Secara Realtime

Sarung tangan penerjemah Bahasa Isyarat dari UCLA

Peneliti di UCLA (Universitas California, Los Angeles) menemukan cara agar seseorang dapat mengerti Bahasa Isyarat tanpa penerjemah disampingnya. Peneliti merancang sarung tangan berteknologi canggih yang dapat secara real-time menerjemahkan Bahasa Isyarat ke dalam sebuah aplikasi smartphone.

Sarung tangan ini dilengkapi sensor tipis yang dapat merenggang mengikuti jari tangan dimasing-masing jari. Sensor akan menangkap sinyal listrik dari gerakan jari dan menerjemahkan setiap kata, huruf, angka dan frasa dalam Bahasa Isyarat.

Baca Juga: Tim Robotika Italia, berhasil menemukan cara agar robot berjalan dengan hanya dua kaki

Peneliti UCLA membuat sensor dari benang penghantar listrik dan dapat mengubah gerakan jari menjadi sinyal listrik kemudian papan sirkuit di pergelangan tangan akan menangkapnya. Sinyal gerakan yang sudah ditangkap akan dikirim secara nirkabel ke smartphone yang secara otomatis menerjemahnya menjadi kata-kata setiap satu kata perdetik. Sensor juga ditempatkan di wajah mereka di antara alis dan di satu sisi mulut mereka untuk menangkap ekspresi wajah yang merupakan bagian dari Bahasa Isyarat di Amerika.

Dalam pengujian sarung tangan ini bekerja dengan baik, di ujicobakan kepada empat orang tuli menggunakan Bahasa Isyarat Amerika. Setiap peserta diminta membuat gerakan tangan masing-masing sebanyak 15 kali kemudian perangkat akan langsung mengenali gerakan berkat algoritma mesin pembelajaran, sistem ini dapat mengenali hingga 660 tanda, termasuk setiap huruf alfabet dan angka lalu menerjemahkan menjadi kata, huruf, angka dan frasa dalam Bahasa Isyarat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *