Mungkin Kamu Tidak Tahu, Inilah 17 Fakta Menarik Tentang Palestina

Fakta Palestina
Palestina. Image via: Middle East Eye

Banyak fakta tentang Palestina yang mungkin kita tidak ketahui mulai dari sering berganti nama sampai tempat lahirnya agama besar di dunia. Palestina juga mempunyai tempat terendah di dunia yaitu Dead Sea atau laut mati.

Berikut Fakta Menarik Lainnya Tentang Palestina:

1. Nama Palestina merupakan nama pemberian dari bangsa Romawi. Pada tahun 130 bangsa Romawi mengubah nama daerah ini untuk mencegah pemberontakan oleh kaum Yahudi, dari “Yudea” menjadi “FIlistia” atau “Palistine”.

2. Nama Palestina juga pernah berganti-ganti nama seperti Palestina Syiria, Levant Selatan, Syiria Selatan, Zion, Kerajaan Yerusalem, Kerajaan Israel, Xoele-Xyiria, Yudea, Provinsi Iudaea, Tanah Suci, Syiria Agung, Tanah Israel, dan Kanaan.

3. Palestina dulu pernah dikuasai oleh Bizantium, Romawi, Yunani Kuno, Persia, Babilonia, Assiria, Israel, Kanaan, Mesir Kuno, Ottoman, Mongol, Mamluk, Ayyubid, Tentara Perang Salib, Dinasti Fatimiyah, Dinasti Abbasiyah, Dinasti Umayah, Arab Rashidun, Palestina modern, Israel modern, dan bangsa Inggris.

4. Palestina dan Israel sama-sama mengklaim bahwa Yerusalem adalah ibukota mereka.

5. Palestina menjadi tempat lahirnya agama-agama besar dunia, Yahudi dan Kristen.

6. Jalur Gaza merupakan area terpadat ketiga di dunia, dengan jumlah penduduk 5045 jiwa per kilometer persegi.

7. Orang-orang Palestina tidak menerima Lesbian dan Homoseksual.

8. Palestina bukan merupakan bangsa arab. Penduduk pertama Palestina adalah bangsa Turki, yang kemudian dikuasai oleh Inggris Raya.

Fakta menarik Palestina
Laut Mati atau Dead Sea. Image via: Wikipedia

9. Di Palestina terdapat tempat terendah di bumi bernama Laut Mati atau Dead Sea.

10. Disebut-sebut Palestina merupakan tempat pertama kali dihuni oleh manusia.

11. Penduduk Palestina dihadapkan krisis tempat tinggal karena perluasan wilayah pemerintah Israel. Lebih dari 225.000 warga Palestina beresiko kehilangan tempat tinggalnya.

12. Pengungsi Palestina merupakan yang terbanyak di Timur Tengah, jumlahnya mencapai 4.618.141.

13. Industri terbesar di Palestina adalah Industri batu yang di ekspor ke Israel, Yordania, Eropa, dan Amerika Utara.

Baca Juga:

14. Buah Zaitun telah menjadi bagian penting budaya, tradisi warga Palestina.

15. Bethlehem adalah salah satu kota terkenal di Palestina yang terletak di Tepi Barat dan menjadi kota kelahiran Raja Daud dan dinoatkan sebagai Raja Israel. Di kota ini pula Yesus Kristus dilahirkan.

16. Kota Jericho adalah salah satu pusat perkotaan tertua di dunia. kota ini adalah peninggalan 11 ribu tahun yang lalu yang sekarang menjadi tempat bersejarah yang pernah direnovasi sebanyak 20 kali.

17. Kanafeh terbaik di dunia ada di Nablus, yaitu kanafeh Al Aqsa. Makanan ini terbuat dari keju kambing dengan parutan daging. Kanafeh juga disebut-sebut sebagai makanan paling lezat di Timur Tengah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *