Mengejutkan, Inilah 12 Fakta Menarik Tentang Israel

Fakta menarik Negara Israel
Tel Aviv. Image Via: Smart Cities World

Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Negara ini juga sering kali bermusuhan dengan Palestina karena Israel ingin mengambil wilayahnya dan pemerintah Israel juga berkeinginan mencaplok wilayah tepi barat. Faktanya Israel adalah negara di Timur Tengah yang menolak mendatangani perjanjian non-proliferation nuklir serta menolak inspeksi internasional ke reaktor nuklirnya. Ini adalah salah satu fakta Israel, jika ingin tahu lebih lanjut, silahkan membaca ulasan dibawah ini.

11 Fakta Menarik Lainnya Tentang Israel

1. Israel memiliki dua Bahasa nasional yaitu Ibrani modern dan Bahasa Arab. Perkembangan Bahasa Ibrani modern dimulai pada akhir abad ke-19, diadaptasi dari Bahasa Ibrani Kuno yang telah mendapat pengaruh Bahasa lain seperti Bahasa Arab, Jerman, Slavia dan Inggris

2. Terdapat kelompok penentang paham zionis bernama Neturei Karta atau ‘penjaga kota’. Kelompok ini mempercayai sebelum kedatangan Mesias Yahudi, orang Yahudi dilarang memiliki negara sendiri.

3. Ilmuan fisika penemu teori relativitas, Albert Einstein pernah ditawari menjadi presiden Israel, namun ia menolaknya.

Baca juga: Mungkin Kamu Tidak Tahu, Inilah 17 Fakta Menarik Tentang Palestina

4. Warga yang berusia diatas 18 tahun diwajibkan mengikuti wajib militer.

5. Setiap tahun Amerika Serikat memberikan $5 miliar dolar kepada Israel dari pajak dolar Amerika.

6. Israel adalah wilayah di Timur Tengah yang menolak mendatangani perjanjian non-proliferation nuklir dan menolak inspeksi internasional ke reactor nuklirnya.

Fakta Israel
Mengirimkan Surat kepada Tuhan. Image via: The Times of Israel

7. Setiap tahunnya kantor pos di Yerusalem menerima surat yang dialamatkan kepada tuhan.

8. Mata uang Israel dilengkapi huruf braille yang bisa diraba oleh tunanetra.

9. Hari Sabtu adalah hari larangan merokok di Israel. Terutama ditempat-tempat keagamaan atau dihadapan orang-orang Yahudi Ortodoks karena dianggap menyinggung mereka.

Baca juga: Mungkin Kalian Tidak Tahu, Inilah 21 Fakta Negara Iran

10. Paspor Israel adalah salah satu paspor terlarang di dunia. Di paspor mereka terdapat stempel yang membuat pemiliknya susah untuk masuk ke negara-negara tertentu.

11. Israel, mendapatkan bantuan dari Amerikat Serikat di bidang militer, bantuan ini digunakan untuk membeli senjata dari Amerika dan produk senjata lokal Israel.

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *