Berikut Lembaga Antariksa dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Lembaga Antariksa dengan Teknologi Tercanggih di Dunia
Salah Satu Pemandangan yang ada di Luar Angkasa. Image via: NASA

Luar angkasa sangat lah luas sekali kemungkinan terus berkembang tidak terbatas, terdapat banyak sekali planet-planet di temukan sebagian memang tidak bisa di tinggali manusia karena lingkungan dan atmosfer yang berbeda dengan Bumi. Kita manusia hanya berusaha menemukan dan meneliti luar angkasa, beberapa negara telah membentuk lembaga antariksa dengan teknologi tercanggih di dunia untuk melakukan penelitian dan mengembangkan roket super kuat terbaru, bagaimana cara agar bisa menjelajahi planet nan jauh tapi masih bisa kembali ke Bumi.

Pengembangan teknologi mutakhir telah dilakukan oleh beberapa lembaga antariksa di dunia, salah satunya adalah NASA, yang telah berhasil mendaratkan robot rover Curiosity di daratan Mars dan kabar terbaru NASA akan mendaratkan robot rover baru lagi dengan teknologi tercanggih saat ini bernama Perseverance rover diluncurkan pada 2020 pada bulan Juli ini.

Penelitian tidak akan berhenti pengembangan terus di lanjutkan oleh lembaga antariksa dengan teknologi tercanggihnya masing-masing.

Berikut adalah beberapa lembaga antariksa dengan teknologi tercanggih di dunia:

1. NASA (Amerika Serikat)

National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah lembaga antariksa pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa dan penelitian umum jangka panjang. Organisasi ini bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

Curiosity Rover adalah robot tercanggih NASA saat ini di luar angkasa untuk mejelajahi planet Mars sudah lebih dari 7 tahun sejak peluncurannya pada 2011. Telah banyak gambar-gambar yang bisa kita lihat saat ini berkat robot canggih tersebut. Berikut videonya:

2. JAXA (Jepang)

Badan Penjelajahan Antariksa Jepang, Japan Aerospace Exploration Agency, disingkat JAXA adalah sebuah lembaga badan luar angkasa Jepang. JAXA dibentuk pada 1 Oktober 2003 sebagai hasil merger antara National Space Development Agency (NASDA), National Aerospace Laboratory of Japan; NAL, sebuah badan penerbangan dan Institute of Space and Aeronautical Science (ISAS), sebuah badan yang meneliti ruang angkasa dan planet.

3. Roscosmos (Rusia)

Awalnya, Rusia memiliki badan antariksa Soviet Space Program yang berdiri pada tahun 1930. Badan antariksa itu telah menjalankan berbagai misi ke antariksa yang bersejarah. Salah satunya adalah mengirim manusia pertama yang ruang ke angkasa, yaitu astronaut Yuri Gagarin dengan pesawat Vostok 1 pada tahun 1961.

Soviet Space Program lalu diganti menjadi Roscosmos. Presiden Boris Yeltsin meresmikannya pada tahun 1992. Roscosmos telah melakukan berbagai misi dan penelitian ruang angkasa. Salah satu misinya adalah menjalankan Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Baca Juga: 4 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia untuk Berperang

4. ESA (Eropa)

Badan Antariksa Eropa, European Space Agency (ESA), adalah organisasi antar pemerintahan yang didedikasikan untuk eksplorasi luar angkasa, didirikan pada 1975, saat ini beranggotakan 18 negara. Berkantor pusat di Paris, ESA memiliki sebuah dewan dengan hampir 2.000 anggota, dan budget tahunan sekitar €3,6 miliar pada 2009.

Pelabuhan angkasa utama ESA adalah Pusat Antariksa Guyana, Kourou, sebuah tempat di Perancis. Tempat tersebut dekat dengan khatulistiwa, sehingga orbit-orbit komersial penting mudah untuk diakses. ESA menjadi pemimpin pasar peluncuran antariksa komersial pada dekade 90-an. Tahun-tahun belakangan ini, ESA juga membangun dirinya sebagai pemain besar dalam eksplorasi luar angkasa.

5. ISRO (India)

Indian Space Research Organisation (ISRO) adalah agensi angkasa nasional India dengan markas di Bengaluru. ISRO memperkerjakan sekitar 17.000 pegawai.

Lembaga antariksa ini didirikan pada tahun 1969 di bawah Departemen Energi Atom dan berada di bawah Komisi angkasa dan Departemen angkasa yang didirikan pada Juni 1972. Keberhasilan pertama India dan ISRO dimulai dengan peluncuran satelit Aryabhata pada 1975 oleh Uni Soviet. Peluncuran domestik pertama dilakukan pada 1980.

Baca Juga: 8 Fakta Keren Stasiun Canggih Luar Angkasa ISS

6. CNSA (China)

China National Space Administration (CNSA) di dirikan pada tahun 1993 yang terletak di Beijing, Tiongkok, merupakan lembaga antariksa milik Republik Rakyat Tiongkok. CNSA bertanggung jawab dalam kerjasama internasional mengenai keantaariksaan, peluncuran, dan pembuatan satelit serta wahana antariksa.

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *