Kenali Planet Layak Huni di Luar Angkasa sebagai Saudara Bumi

Kenali Planet Layak Huni di Luar Angkasa sebagai Saudara Bumi
Bumi dan Kepler 1649C. Image via: USA Today

Ternyata, bumi mempunyai saudara-saudara di luar angkasa, di mana diperkirakan sebagai planet-planet layak huni untuk manusia. Astronom berhasil mengidentifikasi planet-planet itu melalui misi Kepler yang sempat beroperasi di tahun 2009 dan 2018. Setidaknya, misi ini telah mengamati 2.681 exoplanet. Beberapa di antaranya, diperkirakan sebagai planet yang mampu mendukung kehidupan.

Kembaran Bumi di Sisi Lain Luar Angkasa

Salah satu planet yang menarik perhatian adalah planet berjuluk Kepler-1649c. Planet ini tampak sebagai kembaran bumi dalam temperatur dan ukuran, yakni memperoleh sebanyak 75 persen cahaya jika dibandingkan bumi dan berukuran 1,06 kali lebih besar. Dengan demikian, para ilmuwan menyimpulkan planet Kepler-1649c mungkin mempunyai permukaan layaknya bumi.

Namun, karena berjarak sejauh 300 tahun cahaya, tidak diketahui perihal komposisi atmosfer secara akurat. Akan tetapi, para ilmuwan mempercayai planet Kepler-1649c mempunyai potensi sebagai salah satu planet layak huni di luar angkasa. Selain itu, planet ini juga mempunyai keistimewaan dalam berinteraksi dengan planet-planet tetangga, lho.

Baca Juga: Berikut Lembaga Antariksa dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Potensi Layak Huni juga Ditemukan dari Planet-Planet Lainnya

Ilmuwan merilis berbagai jurnal perihal planet-planet yang berpotensi ditinggali manusia. Tidak hanya satu, melainkan lebih dari puluhan planet berhasil ditemukan selama beberapa dekade. Misalnya planet Gliese 667 Cc, planet Mars, planet Kepler-186f, planet Kepler-62f, planet Kepler-1229b, planet Wolf 1061c, planet Kepler-452b, planet Kepler-442b, planet Proxima Centauri b, dan lain-lain.

Planet layak huni oleh manusia
Planet Mars. Image via: Pixabay.

Alasan Sebuah Planet Dianggap Mempunyai Potensi Kehidupan

Ternyata, planet-planet yang menyerupai bumi dianggap mempunyai potensi kehidupan. Sebenarnya, ada berbagai faktor perihal hal-hal yang membuat planet dikatakan serupa, yakni tentang kondisi atmosfer, ukuran, pergerakan, tekstur, dan lain-lain. Selain itu, planet yang mengorbit layaknya di tata surya juga diperkirakan sebagai planet layak huni untuk manusia.

Baca Juga: 6 Misi Luar Angkasa Terbesar Dalam Sejarah

Perkiraan ini diperoleh melalui kedudukan planet-planet tersebut, di mana dianggap tidak terpengaruh oleh gangguan gravitasi dengan kekuatan yang terlalu besar. Dampaknya, planet mempunyai zona yang damai sehingga dikatakan sebagai tempat yang layak huni. Akan tetapi, hal ini membutuhkan pengawasan dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenaran.

Berbagai Teknologi Dikembangkan untuk Menemukan Kebenaran

Nah, para ilmuwan juga terus mengembangkan teknologi untuk mencari kebenaran perihal planet-planet yang layak ditinggali. Salah satunya melalui satelit misi yang diluncurkan oleh NASA, yakni James Webb Space Telescope yang rencananya diluncurkan pada tahun 2021. Tujuannya untuk mengidentifikasi apakah suatu planet mempunyai atmosfer dan bagaimana komposisinya.

Baca juga: Canggih! Inilah 6 Robot Canggih NASA di Planet Mars

Jadi, berbagai planet yang diperkirakan dapat di tinggali manusia di luar angkasa membutuhkan penelitian lanjutan yang mendalam. Sampai saat ini, satu-satunya planet yang mempunyai kemungkinan terbesar ditinggali manusia adalah Mars. Ilmuwan terus berupaya membuat planet ini layak huni, sebab Mars dikatakan menyerupai bumi sebagai planet layak huni dalam beberapa aspek.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *