6 Kapal Selam Tercanggih dan Terkuat di Dunia

Kapal Selam
Kapal Selam Kelas Triomphant, Prancis. Image via Reddit

Tidak lengkap rasanya kalau kita hanya mengulas kapal perang saja, kali ini Tehgram akan memberikan informasi lainnya yang mungkin berguna untuk kalian yaitu kapal selam tercanggih dan terkuat di dunia.

Medan pertempuran sudah memasuki lautan luas dan dalam, armada kapal selam sangat dibutuhkan dalam kondisi peperangan bawah air, kemampuannya yang sulit di deteksi memungkinkan untuk menyusup ke daerah lawan.

Selain itu, kapal selam dapat meluncurkan rudal nuklir bawah laut langsung menuju ke target yang ditentukan.

Data menunjukkan Korea utara menjadi pemilik kapal selam terbanyak didunia sejumlah 86 buah, China diperingkat kedua 76 buah, diperingkat ketiga Amerika Serikat 68 buah, keempat Rusia 56 buah, Iran 34 buah.

Berikut ini Ulasan Kapal Selam Tercanggih dan Terkuat di Dunia

1. Kapal Selam Kelas Astute, Inggris

Kerajaan Inggris mengoperasikan kapal selam terbaru kelas Astute bertenaga nuklir yang mana dalam hal menjelajah kapal selam ini tidak terbatas berkeliling dunia, tapi akan kepermukaan jika bahan makanan sudah mulai habis biasanya tiap 90 hari atau 3 bulan.

Kapal selam ini membawa persenjataan tabung torpedo kelas berat Spearfish dan rudal jelajah Tomahawk dilengkapi sonar Thales 2076 untuk mendeteksi lawan.

Kapal Selam Kelas Astute
Kapal Selam Kelas Astute, Inggris

2. Kapal Selam Kelas Thyphoon, Rusia

Kelas Typhoon adalah kapal selam bertenaga nuklir terbesar yang pernah beroperasi di dunia. Dapat menyelam berbulan-bulan tanpa henti mampu menyelam dengan kecepatan hingga 28 knot dan mengangkut 20 rudal balistik. Ukurannya yang besar membuat kelas kapal ini rentan dideteksi oleh kapal serang musuh.

Kapal Selam Kelas Thyphoon
Kapal Selam Kelas Thyphoon,Rusia, Image via: Military-today

3. Kapal Selam Kelas Borei, Rusia

Kapal selam ini dimaksudkan akan mengganti kapal selam kelas Thyphoon yang sudah lama. Kelas Borei memiliki nomor Project 955 merupakan Kapal selam strategis Rusia yang dapat membawa 16 Rudal Balistik Bulava dengan jangkauan sampai lebih dari 10.000 km. untuk kecepatan menyelam 30 knot atau 56 km perjam dalam beroperasi dimana saja.

Kapal Selam Kelas Borei
Kapal Selam Kelas Borei, Rusia. Image via: Wikipedia

4. Kapal Selam Kelas Ohio, Amerika Serikat

Sama-sama bertenaga nuklir kapal selam Ohio adalah kapal terbesar ketiga setelah kapal selam kelas Thyphonn dan Borei Rusia. Penamaan kapal ini di ambil dari kapal pertama USS Ohio. Kapal ini dapat bekeliling dunia dengan kecepatan 25 knot dilengkapi sistem komputer canggih.
Kapal ini di lengkapi sistem persenjataan rudal Trident sebanyak 24 buah, dan 154 rudal Tomahawk versi SSGN.

Kapal Selam Kelas Ohio
Kapal Selam Kelas Ohio, Amerika Serikat, Image via: Military

5. Kapal Selam Kelas Triomphant, Prancis

Prancis saat ini memiliki 4 kapal Kelas Triomphant yang seharusnya di bangun sebanyak 6 uni tapi di hentikan karena perang dingin berakhir.

Persenjataan kapal selam ini adalah rudal M51 yang mampu membawa 12 kepala nuklir independent dan menjangkau sasaran sejauh 8.000 km dengan kecepatan 25 mach ditambah rudal permukaan ke permukaan Exocet SM39 mampu menghancurkan target sejauh 50 km. untuk mendeteksi musuh kapal selam Kelas Triomphant di pasangkan dengan perangkat sonar Flank Array, Toewd Array frekuensi rendah jarak jauh.

Kapal Selam Kelas Triomphant
Kapal Selam Kelas Triomphant, Prancis.

6. Kapal Selam Kelas Vanguard, Inggris

Pengganti kapal selam ini di jadwalkan mulai 2028 di gantikan dengan yang lebih canggih. Kelas Vanguard menjadi satu-satunya platform untuk senjata nuklir Inggris, terdapat 4 unit kapal selam ini yang dipersenjatai 16 rudal Trident II UGM.

Kapal Selam Kelas Vanguard
Kapal Selam Kelas Vanguard, Inggris, Image via: Royal Navy

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *