Wow! Inilah 7 Kapal Induk Tercanggih di Dunia

Kapal Induk Tercanggih di Dunia
Kapal Induk Amerika Serikat. Image via: Wikipedia

Kapal induk merupakan kapal pengangkut pesawat tempur dan helikopter dengan jumlah besar. Kapal induk tercanggih di dunia menggunakan pembangkit tenaga nuklir mutakhir untuk menggerakkannya ke seluruh dunia dan mempunyai daya jelajah tanpa batas. Di lautan kapal ini di lindungi oleh beberapa kapal tempur yang bisa mencegat rudal dari lawan. Kapal induk dimaksudkan menjadi pangkalan bergerak untuk memindahkan kekuatan udara ke armada Angkatan laut mendukung operasi-operasi diseluruh dunia.

Superioritas kapal induk memang tidak diragukan lagi, ukurannya yang raksasa dapat membawa ribuan pasukan, pesawat tempur, pesawat pengintai beserta helikopter yang membuat lawan berpikir berkali-kali untuk menyerang.

Berikut 7 Kapal Induk Tercanggih di Dunia:

1. Kapal Induk Kelas Ford, Amerika Serikat

Kelas Ford merupakan kapal induk tercanggih di dunia milik Amerika Serikat, akan di uji coba suara dan tautan data pada tahun 2020 selama satu setengah tahun ke depan militer Amerika terus melakukan tes komando dan kontrol ketika di perairan Atlantik.

Kapal induk seharga US$ 13 miliar atau Rp 188 triliun ini mempunyai kemampuan jelajah tidak terbatas kemana saja di seluruh dunia berkat pendorong pembangkit tenaga nuklir dengan kecepatan 30 knot setara 56 km perjam. Kapal ini dirancang untuk mengikuti teknologi terbaru dengan desain yang jauh lebih efisien dan dapat mengurangi biaya operasi selama masa pakai 50 tahun kedepan.

Ford juga di lengkapi sistem radar paling modern seperti Dual Band Radar digabungkan dengan radar X-Band AN/SPY3 dan Survelillance Radar untuk mendeteksi pesawat dan rudal yang kemudian dicegat oleh rudal Sea Sparrow Evolved.

Pesawat apa saja yang dibawanya? Kelas Ford dapat membawa dua skuadron F-35C Joint Strike Fighters, dua skuadron F/A-18E Super Hornets, lima jet penyerang elektronik EA-18G Growler, empat peringatan dini E-2D Hawkeye, dan dua pesawat C-2 Greyhound carrier onboard delivery (COD). Termasuk delapan helicopter MH-60S Seahawk, serta drone pengintai MQ-25 Stingray.

Kapal Induk Ship carrier
Kapal Induk Kelas Ford. Image via: Wikipedia

2. Kapal Induk Kelas Nimitz, Amerika Serikat

Kelas Nimitz kapal induk bertenaga nuklir yang mampu beroperasi selama lebih dari 20 tahun tanpa pengisian bahan bakar. Lambung kapalnya bernomor CVN-68 dan CVN-77 pertama kali diperkenalkan pada 3 Mei 1975 untuk memperkuat armada Angkatan laut Amerika. Biaya satu kapal induk kelas Nimitz adalah sekitar US$ 4,5 Miliar atau Rp 40 triliun.

Beberapa pesawat tempur di bawanya seperti delapan S-3A / B Vikings, 20 F-14D Bombcats (Tomcats dengan peran serang) 36 F / A-18 Hornets, empat EA -6B Prowlers, empat E-2C Hawkeyes, empat SH-60F dan dua Seahawks HH-60H.

Kapal Induk Tercanggih Amerika Serikat di Dunia
Kapal Induk Kelas Nimitz. Image via: Wikipedia

3. Kapal Induk Queen Elizabeth, Inggris

Selanjutnya kapal induk tercanggih di dunia adalah milik angkatan laut kerajaan Inggris yaitu kapal induk Elizabeth menjadi terbesar dan terkuat yang pernah di buat oleh Inggris. Untuk pembangunannya saja telah menghabiskan biaya Rp 53 triliun lebih. Elizabeth mampu membawa 40 pesawat tempur siluman F-35B STOVL untuk menyerang dan bertahan serta Helikopter CH-47 Chinook untuk melengkapinya.

Kapal Induk Tercanggih Inggris
Kapal Induk Queen Elizabeth. Image via: CNN

4. Kapal Induk Charles de Gaulle, Prancis

Charles de Gaulle adalah kapal induk tercanggih milik Prancis, yang juga bertenaga nuklir untuk menggerakkannya kemana saja ke seluruh samudra di dunia mampu membawa 40 pesawat tempur Dassault Rafale M, 2 Hawkeye E-2C, serta helikopter Caugar untuk pencarian dan penyelamatan tempur. Kapal induk ini dilengkapi sistem persenjataan rudal MBDA aster 15 permukaan ke udara, Meriam 20 mm Giat 20F2 beserta misil jarang pendek Mistral.

Kapal Induk canggih
Kapal Induk Charles de Gaulle. Image via: Naval News

5. Kapal Induk Admiral Kuznetsov, Rusia

Kuznetsov merupakan kapal induk tercanggih dan menjadi satu-satunya di Rusia. Kuznetsov dilindungi rudal jelajah anti kapal P-700 Granit, rudal permukaan ke udara 3K95 Kinzhal serta membawa 40 pesawat tempur Sukhoi Su-33 dan beberapa Helikopter untuk peperangan anti kapal selam beserta operasi SAR.

Baca Juga:

Kapal induk ini sering berganti nama yang awalnya bernama Riga lalu menjadi Leonid Brezhnev berubah lagi menjadi Tbilisi dan yang terakhir Admiral Kuznetsov.

Kapal Induk
Kapal Induk Admiral Kuznetsov. Image via: Sputnik News

6. Kapal Induk Liaoning, China

Di bangun pada tahun 1985 kapal induk ini diberi nama Varyag kelasnya sama dengan Admiral Kuznetsov. Setelah pembubaran Uni Soviet tahun 1991 pembangunannya berhenti dan kapalnya dijual oleh Ukraina, setelah sekian lama pada tahun 1998 kapal ini dibeli dan dibawa kegalangan kapal Angkatan laut Tiongkok.

Kapal Induk Tercanggih
Kapal Induk Liaoning. Image via: Youtube

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *