Tembus 431 Km/jam, Inilah Kereta Tercepat di Dunia dan Asia

Kereta Tercepat di Dunia dan Asia
Kereta Tercepat di Dunia dan Asia Shanghai Maglev. Image via: Reddit

Kemudahan transportasi sangatlah diperlukan di zaman sekarang tidak hanya transportasi udara menggunakan pesawat, didarat pun kita membutuhkan sesuatu yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi yaitu kereta. Di beberapa negara di Asia sudah mampu bersaing dengan negara Eropa dalam hal kecepatan contoh saja seperti negara China yang membangun kereta tercepat di dunia dan Asia mampu menembus kecepatan 431 kilometer/jam serta negara Jepang dengan Shinkansennya dengan ketepatan waktu sangat tinggi.

Berikut 4 Kereta Tercepat di Dunia dan Asia

1. Shanghai Maglev (China)

Kereta cepat Maglev dirancang dapat melaju dengan kecepatan sangat tinggi untuk menghubungkan Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai dan pinggiran pusat Pudong dimana penumpang bisa beralih ke Metro Shanghai untuk melanjutkan perjalanan mereka ke pusat kota. Berbeda dari kereta biasanya yang menggunakan roda di jalan di atas rel, Shanghai Maglev menggunakan efek magnet untuk mengangkatnya sekitar 1 cm menjadikannya melaju dengan cara mengambang di atas jalur magnetik.

Kereta tercepat di dunia dan Asia ini mampu melaju dari pelan hingga top-speed 431 kilometer/jam mulai beroperasi secara komersil pada 2004 lalu. Shanghai Maglev mempunyai konfigurasi tiga kelas dengan 574 penumpang didalamnya.

Kereta Tercepat di Dunia dan Asia
Shanghai Maglev. Image via: Wikipedia

2. Fuxing Hao CR400AF/BF (China)

Kereta tercepat di dunia dan Asia masih ditempati negara China dengan kereta Fuxing Hao berkecepatan 400 kilometer/jam mampu membawa penumpang sebanyak 556 orang. Kereta ini dikenal juga dengan nama Dolphin Blue (CR400AF) dan Golden Phoenix (CR400BF).

Kereta Tercepat di Dunia
Fuxing Hao CR400AF. Image via: Wikimedia Commons

3. Korail KTX (Korea Selatan)

Kalau kalian ke Korea Selatan jangan lupa mencoba naik kereta tercepat di dunia yaitu Korail KTX atau Korea Train eXpress berkecepatan hingga 329 kilometer per jam dirancang berdasarkan teknologi TGV Prancis. Kereta ini menghubungkan Seoul ke busan lewat Daejeon dan Daegu dan Seoul ke Mokpo (Jalur Honam).

Baca Juga: Fakta Menarik Korea Selatan, yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kereta Tercepat di Asia
Korail KTX. Image via: Hiexpat Korea.

4. Shinkansen H5 dan E5 (Jepang)

Siapa yang tidak mengenal Jepang, negara maju dengan berbagai teknologi tingginya termasuk kereta tercepat di dunia Shinkansen yang mampu melaju dari nol hingga 320 kilometer/jam. Kereta ini dibangun oleh Hitachi dan Kawasaki Heavy Industries dan dimiliki oleh perusahaan kereta api Hokkaido menghubungkan jalur Tokyo ke Osaka.

Baca Juga:

Jepang juga terkenal dengan kedisplinannya termasuk kereta di Jepang yang selalu tepat waktu. Ketepatan waktu adalah segalanya, waktu keberangkatan maupun waktu kedatangan karena orang-orang Jepang sangat disiplin dan pekerja keras. Pernah suatu ketika terjadi keterlambatan kereta yang hanya 1 menit saja para petugas pun akan meminta maaf berkali-kali dengan membungkukan badan atau melalui pengeras suara.

Jika keterlambatan kereta memakan waktu lama, maka pihak perusahaan kereta akan membagikan surat perihal keterlambatan kereta. Nantinya, surat tersebut dapat menjadi alasan penumpang yang datang telat waktu ke kantornya. Keren ya Jepang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *