Setengah dari Dunia Pernah Dikuasainya, Inilah Fakta Menarik Portugal

fakta unik dan menarik Portugal
Kota Lisbon, Portugal. Image via: Inspirato

Pada tahun 1494 ada sebuah perjanjian Tordesillas yang menyatakan bahwa bangsa Portugis berhasil menguasai setengah dari wilayah dunia yang meliputi Brazil, Asia dan Afrika. Dalam catatan sejarah juga mengatakan, bangsa Portugis merupakan penjajah paling lama di dunia dengan kurun waktu selama 6 abad.

Nah Portugal modern juga menguasai dunia tapi dalam hal mengekspor. Portugal merupakan negara produsen gabus terbesar di dunia persentasenya sekitar 55 persen mengalahkan Spanyol yang hanya 30 persen saja. Mau tau fakta Portugal lainnya simak dibawah ini yaa..

Inilah 12 Fakta Menarik Negara Portugal

1. Ada Sembilan negara yang tergabung dalam Comunidade dos Paises de Lingua Portuguesa (CPLP) menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resminya yaitu Portugal, Brasil, Mozambik, Sao Tome, Timor Leste, Angola, Principe, Guinea Ekuatorial, Cape Verde dan Guinea-Bissau.

2. Mayoritas penduduk yang tinggal di Portugal beragasa Katolik Roma.

3. Hubungan diplomatik tertua di dunia adalah hubungan antara Portugal dan Inggris yang ditandatangani pada tahun 1373 dan masih berlangsung sampai sekarang.

4. Dalam bahasa Portugis ada sekitar 600 kata yang berasal dari bahasa Arab.

5. Ternyata kalau berjalan terlalu cepat di Portugal akan dianggap kurang sopan.

fakta portugal
Jembatan Vasco da Gama. Image via: Being 42

6. Jembatan Vasco da Gama di Portugal merupakan jembatan terpanjang di Eropa, panjang jembatan ini mencapai 17 kilometer.

7. Tahukah kalian bahwa Portugal pernah menguasai setengah dari dunia meliputi Brazil, Afrika dan Asia. Dalam catatan sejarah juga mengatakan bangsa Portugis merupakan penjajah paling lama di dunia.

8. Portugal adalah negara tertua di Eropa dan sudah mempunyai garis perbatasan yang tegas sejak tahun 1139.

9. Ketika jalan-jalan ke Portugal, bersihkan lah selalu sepatu kamu jangan sampai terlihat kotor. Sepatu yang kotor membuat kamu tidak akan dihargai di Portugal.

Baca Juga: 21 Fakta Menarik Negara Spanyol dan Tempat Wisata Terpopulernya

10. Dibangun sejak 1883, teh Gorreana Portugis menjadi perusahaan the tertua di Eropa.

11. Portugal merupakan produsen gabus terbesar di dunia dengan persentase 55 persen, kemudian Spanyol menyumbang kira-kira 30 persen dan negara-negara lain seperti Aljazair, Perancis, Italia, Maroko dan Tunisia memproduksi 15 persen gabus dunia.

12. Lisbon adalah ibu kota dan kota terbesar di Portugal. Kota ini adalah kota tertua di Eropa Barat dan salah satu kota tertua di dunia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *