Inilah Drone Militer Tercanggih di Dunia untuk Bertempur

Drone Tercanggih di Dunia
Predator B (MQ-9 Reaper). Image via: DefenceTalk

Mungkin kalian sudah sering melihat drone di pertunjukan musik, jalanan atau drone untuk pengambilan foto. Tapi kalian tahu tidak? drone militer dibuat dan dirancang sangat berbeda dari drone biasa. Drone militer dirancang menggunakan teknologi canggih mampu terbang selama berjam-jam tanpa henti melakukan pengasawan, penelitian, pengamatan dan pengumpulan data intelijen. Drone militer tercanggih di dunia juga dapat diluncurkan dalam berbagai misi pertempuran karena kemampuannya membawa sistem senjata rudal permukaan-ke-permukaan, permukaan-ke-darat.

Kendaraan tanpa awak ini dikendalikan menggunakan teknologi jarak jauh di nilai sangat efektif sebagai alat pengintai dari ketinggian mengawasi pergerakan musuh dan mencari tempat instalasi radar jika suatu saat perlu dihancurkan.

Berikut Drone Militer Tercanggih di Dunia untuk Bertempur di Medan Perang

1. Drone Canggih Predator C Avenger

Dibuat oleh General Atomics Aeronautical Systems untuk militer Amerikat Serikat. Predator C Avenger adalah hasil pengembangan drone MQ1 Predator A dan MQ-9 Reaper (Predator B) yang dikenal sangat ampuh dalam berbagai misi pertempuran. Drone terbaru ini menggunakan mesin jet dan teknologi siluman memungkinkan drone ini sulit di deteksi radar dilengkapi sistem persenjataan canggih seperti rudal anti tank AGM-114 Hellfire, bom diameter kecil GBU-39 250 lb, bom presisi GBU-48, bom berpemandu laser GBU-16 1.000 lb, GBU-12/GBU-49 Paveway II 500 lb serta GBU-31, GBU-32 dan GBU-38 JDAM (Joint Direct Attack Munition. Dapat terbang selama 18 jam dalam berbagai misi pertempuran, pengintaian, pengamatan dengan kecepatan maksimum 740 kilometer/jam.

Drone Militer Tercanggih di dunia
Predator C Avenger. Image via: General Atomics Aeronautical.

2. Drone Canggih MQ-9B Skyguardian

Saat ini Drone MQ-9B Skyguardian telah dioperasikan berbagai negara di dunia seperti Amerika Serikat, Inggris, Italia, Prancis, dan segera Spanyol, Belanda dan Belgia. MQ-9B terbukti memiliki kinerja yang lebih baik dan biaya pengoperasian, perawatan yang lebih rendah. Sistem persenjataan yang dibawanya adalah bom berpemandu laser GBU-12 Paveway II 500 lb, rudal Hellfire AGM 114. Pada April 2017 drone MQ-9B mampu terbang selama 48 jam berturut-turut ini merupakan daya tahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Drone MQ-9B Skyguardian juga dilengkapi fitur canggih yaitu sistem otomatis untuk mendeteksi dan menghindar.

Drone Militer Tercanggih di dunia
MQ 9B SkyGuardian. Image via: DefPost

3. Drone Canggih Israel, Heron TP (Eitan)

Drone ini dikembangkan Israel melalui perusahaan Israel Aerospace Industries. Heron TP (Eitan) mampu di terjunkan dalam berbagai misi pengawasan, pengintaian, penilaian kerusakaan pertempuran dan pengumpulan data intelijen. Kecepatan terbang maksimum mencaai 407 kilometer/jam mempunyai daya tahan 30 jam lebih mengudara.

Baca Juga:

Drone Militer Tercanggih di Dunia
Heron TP (Eitan). Image via: Wikipedia

4. Drone Canggih Predator B (MQ-9 Reaper)

Sama seperti Drone Predator C Avenger, MQ-9 Reaper juga dirancang oleh General Atomics Aeronautical Systems untuk Angkatan udara Amerika Serikat dan Angkatan Udara Britania Raya. Drone ini dilengkapi dengan senjata rudal AGM-114 Hellfire digunakan untuk memburu dan menghacurkan musuh. Kecepatan terbangnya mencapai 230 mil perjam pada ketinggian 50.000 kaki sejauh 2,682 mil.

Drone Tercanggih di Dunia
Predator B (MQ-9 Reaper). Image via: DefenceTalk

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *