Tingginya, Inilah Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

gunung tertinggi di dunia
Gunung Everest. Image via: Wikipedia

Daftar berikut merupakan gunung-gunung tertinggi di dunia, ketinggiannya rata-rata lebih dari 8,000 meter dari permukaan air laut. Bagi para pendaki ini merupakan tantangan yang menakjubkan untuk di taklukkan medan yang sangat berat, suhu dingin serta medan vertikal mereka harus hadapi.

Pendakian gunung tertinggi di dunia juga mempunyai resiko tinggi yakni bisa kehilangan nyawa karena suhu dingin, longsoran salju maupun longsoran batu secara tiba-tiba tidak bisa menghindar. Maka persiapan harus benar-benar siap secara fisik maupun logistic yang harus dibawa kesana.

Berikut Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

1. Gunung Everest (8,848 m)

Jika diukur dari permukaan laut, Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 8,848 meter. Terletak di antara perbatasan Nepal dan Tibet. Ilmuan memperkirakan Everest berusia sekitar 50-60 juta tahun dalam standar geologi, usia ini masih tergolong masih muda. Gunung Everest terbentuk dari tabrakan tektonik India dan Eurasia yang menghasilkan kekuatan keatas, mendorong bebatuan yang membentuk gunung, kekuatan tersebut masih bekerja hingga saat ini dan terus mendorong puncak Everest menjadi lebih tinggi seperempat inci setiap tahun.

gunung tertinggi di dunia
Gunung Everest. Image via: Outside Magazine

2. Gunung K2 (8,611 m)

Gunung tertinggi kedua di dunia adalah gunung K2, ketinggiannya mencapai 8,611 meter, terletak di perbatasan antara Pakistan dan China. Para pendaki yang pernah ke gunung K2 mengatakan untuk menuju puncak kalian harus melalui medan sangat berat daripada gunung Everest dikarenakan gunung K2 memiliki medan datar yang sangat sedikit dan didominasi medan-medan vertikal. pada ketinggian di atas 8,000 meter kalian dihadapkan dengan zona kematian karena rawannya longsoran salju secara tiba-tiba dan longsoran batuan yang bisa mengancam nyawa.

gunung tinggi di dunia
Gunung K2. Image via: LiveAbout

3. Gunung Kangchenjunga (8,586 m)

Kangchenjunga yang berarti “Lima Harta Karun Salju” melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Gunung tertinggi ke tiga di dunia ini memiliki ketinggian sekitar 8,586 meter terletak di perbatasan Nepal dan India.

daftar gunung tertinggi di dunia
Gunung Kangchenjunga. Image via: Pinterest

4. Gunung Lhotse (8,516 m)

Lhotse merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest, terletak di perbatasan Nepal dan China. Gunung Lhotse memiliki ketinggian 8,516 meter menjadikannya gunung tertinggi ke empat di dunia.

Baca Juga:

gunung tertinggi di dunia
Gunung Lhotse. Image via: Wikipedia

5. Gunung Makalu (8,481 m)

Daftar selanjutnya adalah gunung tertinggi ke lima dunia yaitu Gunung Makalu dengan ketinggian 8, 481 meter terletak di perbatasan Nepal dan China.

daftar gunung tertinggi di dunia
Gunung Makalu. Image via: Himalayan Steps

Berikut Daftar Gunung Tertinggi ke Enam hingga ke Sepuluh di Dunia:

6. Gunung Cho Oyu (8,201 m) terletak di antara perbatasan Nepal dan China.

7. Gunung Dhaulagiri, Nepal (8.167 m)

8. Gunung Manaslu, Nepal (8.156 m)

9. Gunung Nanga Parbat, Pakistan (8.126 m)

10. Gunung Annapurna, Nepal (8.091 m)

Related Posts

2 Comments

  1. Mungkin kalau bisa menambahkan jika gunung tertinggi dihitung dari dasar laut, gunung Mauna Kea dengan ketinggian sekitar 10.210 meter dari dasar ke puncak…..luar biasa ciptaan Tuhan…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *