Inilah Cara Membuat Google Form Paling Mudah

Cara mudah membuat google formulir
Google Form

Google Form atau Google Formulir adalah alat yang memungkinkan kita mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survey ataupun kuis yang dipersonalisasi. Kita bisa membuat pertanyaan kita sendiri dengan menggunakan Google Form dengan mudah dan efisien yang kemudian bisa dikirimkan melalui email ataupun sebuah link yang nantinya akan di buka dibrowser pengguna masing-masing.

Google Form juga bisa membuat pendaftaran acara, seminar dan sebagainya, formulir ini terhubung dengan Google Spreadsheet yang memungkinkan kita melihat hasil jawaban atau respon pengguna dalam bentuk seperti Microsoft Excel. Google terus menerus memperbaharui Google Form dengan fitur lebih banyak lagi.

Berikut Tutorial Membuat Google Form atau Formulir dengan Cara Mudah

1 Ada Dua Cara Membuat Google Form dengan Mudah Yaitu

Yang pertama adalah Masuk ke Google Form dengan menuju langsung ke websitenya klik link https://docs.google.com/forms/u/0/ kemudian klik pada ikon yang bertuliskan plus/tambah (+).

Cara mudah membuat google form
Google Form

Atau melalui Google Drive dengan cara klik Drive Saya kemudian carilah menu lainnya pilih Google Formulir setelah itu klik pada formulir kosong.

Cara mudah membuat google form
Google Form

Pilihlah salah satu cara di atas yang menurut kalian lebih mudah untuk masuk ke Google Form.

2. Cara Mengisi Fomulir Google Form

Setelah Google Form terbuka kalian akan melihat tampilan dibawah ini.

Tutorial membuat Google Form
Google Form
  • Untuk mengisi judul formulir silahkan klik pada tulisan “Formulir Tanpa Judul” setelah itu hapus ganti lah dengan judul formulir sesuai dengan keinginan kalian.
  • Dibawahnya terdapat tulisan deskripsi formulir, silahkan kalian isi bagaimana kalian mendeskripsikan formulir yang kalian buat.
  • Untuk membuat pertanyaan kalian klik pada “Pertanyaan Tanpa Judul” dan isilah pertanyaan yang kalian ingin buat.
  • Di bagian opsi isilah dengan jawaban dari pertanyaan kalian. Untuk menambahkan opsi lainnya klik pada “Tambahkan opsi” setelah tampil “Opsi 2” kalian bisa menggantinya dengan jawaban kalian.
tutorial Google Form
Google Form
  • Kalian bisa memilih opsi lainnya “Centang Kotak atau Pilihan Ganda” dengan cara klik di sisi kanan pertanyaan klik “Kotak Centang”.
Membuat Google Form
Google Form
cara mudah membuat google formulir
Google Form

3. Menambahkan Pertanyaan Lainnya

Caranya cukup mudah, cukup klik pada sisi kanan pertanyaan terdapat ikon klik plus/tambah (+) kemudian akan tampil pertanyaan baru yang siap kalian isi kembali.

cara mudah membuat google form
Google Form

Pertanyaan dibawah ini TehGram menggunakan pilihan “Jawaban Singkat” tidak seperti pertanyaan diatas “Centang Kotak” jawaban singkat akan memungkinkan para pengisi formulir mengisi dengan jawaban mereka sendiri dan pilihan “Paragraf” memungkinkan jawaban panjang yang bisa di isi pengguna. Pada pilihan “Wajib Diisi” kalian bisa mengaktifkan dan menonaktifkannya fungsinya adalah ketika dalam posisi aktif wajib isi maka pengguna diwajibkan mengisinya dan sebaliknya jika wajib isi tidak aktif maka pengguna tidak diwajibkan untuk mengisinya.

formulir google tutorial
Google Form

4. Kirim Pertanyaan

tutorial google form
Google Form

Setelah kalian mengisi semua pertanyaan, kalian bisa mengirimnya melalui email maupun sebuah link untuk membukanya.

Caranya klik di sudut kanan atas yang bertuliskan “Kirim / Send” nanti kalian akan diberikan pilihan melalui Email atau mengirimkannya dengan sebuah link menuju Google Form yang sudah kalian isi.

cara google form
Google Form
mudah google form
Google Form

Jika kalian memilih mengirimkan Google Form melalui sebuah link jangan lupa untuk mencentang “Perpendek URL” fungsinya agar link yang kalian kirim lebih pendek dari link aslinya.

5. Hasilnya Akan Seperti ini

Cara mudah membuat google formulir
Google Form Melalui Sebuah Link
cara mudah membuat google form
Google Form yang Dikirimkan Melalui Email

6. Cara Melihat Jawaban / Respon Google Form

Setelah kalian membagikan formulir kepada teman atau karyawan kalian. Tentu mereka akan mengisi jawaban mereka masing-masing. Lalu bagaimana cara melihat jawaban / respon pengguna?

Caranya mudah sekali buka Google Form di link ini https://docs.google.com/forms/u/0/

Cara mudah membuat Google Form
Google Form

Setelah terbuka pada bagian bawah terdapat formulir yang kita buat sebelumnya, klik lah pada fomulir tersebut nanti kalian akan di tampilkan kembali dengan pertanyaan sebelumnya.

Cara mudah membuat Google Form
Google Form

Kemudian untuk melihat jawaban / respon pengguna silahkan klik bagian menu “Respons” disebelah menu “Pertanyaan” begini lah hasilnya.

tutorial google fomulir
Google Form
tutorial google form
Tampilan Jawaban / Respon Google Form pada Google Spreadsheet

Itulah tutorial atau cara mudah membuat Google Form kalau kalian ada kesulitan tentang cara membuatnya silahkan berikan komentar ya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *