Ngeri! Inilah 6 Pesawat Pengebom Pembawa Nuklir Paling Mematikan di Dunia

Pesawat Pengebom Pembawa Nuklir Paling Mematikan di Dunia
Northrop Grumman B-2 Spirit. Image via: Wikipedia

Tidak hanya pesawat tempur, pesawat pengebom juga sangat diperlukan dalam peperangan karena kemampuannya membawa beban berat dan daya jelajah yang jauh. Pesawat pengebom dirancang agar dapat membawa ribuan hingga puluhan ribu ton bom dan bom nuklir dalam sekali jalan. Pesawat pengebom juga dilengkapi fitur siluman yang sulit dideteksi radar dan mampu menembus pertahanan tanpa diketahui.

Berikut 6 Pesawat Pengebom Pembawa Nuklir Paling Mematikan di Dunia

1. Northrop Grumman B-2 Spirit (Amerika Serikat)

B-2 Spirit merupakan pesawat pengebom siluman paling canggih di dunia, salah satu fitur andalannya adalah fitur siluman yang sangat sulit di deteksi radar manapun di dunia. Soal senjata B-2 Sprit ini mampu membawa 20 ton persenjataan konvensional maupun senjata nuklir. B-2 Spirit juga mampu menyerang semua target dari ketinggian hingga 50.000 kaki atau 16,656 kilometer dari ketinggian laut, dengan jangkauan lebih dari 6.000 nm, tanpa mengisi bahan bakar dan lebih dari 10.000 nm dengan satu kali pengisian bahan bakar.

Pesawat pengebom canggih ini tidak dijual ke negara lain hanya Amerika Serikat saja yang boleh memilikinya untuk menjaga kerahasian teknologi di dalamnya. Satu unit B-2 Spirit di jual seharga USD 737 juta sampai 2,2 miliar dolar. Biaya tersebut menjadikan pesawat ini pesawat pengebom siluman termahal di dunia.

Pesawat Pengebom Amerika Serikat
Northrop Grumman B-2 Spirit. Image via: Business Insider

2. Tupolev Tu-160 (Rusia)

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyebut pesawat pengebom Rusia ini sebagai Blackjack, pesawat pengebom supersonik terkuat dan terbesar milik Rusia ini berkecepatan maksimum Mach 2.05 setara 2.220 kilometer/jam. Blackjack atau Tupolev Tu-160 mampu terbang di ketinggian 18.000 meter. Dengan ketinggian tersebut sistem anti pesawat atau sistem pertahanan misil tidak akan mampu menjangkaunya. Untuk sistem persenjataan pesawat ini mampu membawa bom seberat 40.000 kilogram dan senjata nuklir untuk menghancurkan musuh.

Pesawat Pengebom Pembawa Nuklir Paling canggih
Tupolev Tu-160. Image via: Wikipedia

3. Rockwell B-1B Lancer (Amerika Serikat)

Sama seperti B-2 Spirit, pesawat pengebom B-1B lancer juga di rancang mampu membawa senjata nuklir dan bom konvensional lainnya. B-1B Lancer membutuhkan empat kru pesawat untuk menerbangkannya. Kecepatannya menembus Mach 1,25 atau 1.340 kilometer/jam dengan ketinggian 15.000 meter. Saat ini militer Amerika Serikat mempunyai 65 unit pesawat B-1B Lancer dan akan terus beroperasi hingga tahun 2030.

Pesawat Pengebom Tercanggih
Rockwell B-1B Lancer. Image via: Wikipedia

4. Boeing B-52H Stratofortress (Amerika Serikat)

B-52H Stratofortness di rancang dan dibangun oleh Boeing telah dioperasikan sejak 1950-an. Pesawat pengebom ini mampu membawa senjata hingga 32.000 kilogram dan memiliki jangakuan lebih dari 14.080 kilometer tanpa mengisi bahan bakar. Saat ini hanya ada 58 B-52H yang masih aktif sisanya dicadangkan sebanyak 18 unit dan sekitar 12 unit disimpan. Diharapkan pesawat ini akan tetap aktif hingga tahun 2050-an.

Baca Juga:

Pesawat Pengebom Pembawa Nuklir
Boeing B-52H Stratofortress. Image via: Wikimedia Commons

5. Tupolev Tu-95 (Rusia)

NATO memberi julukan “Bear” untuk pesawat ini, tenaga penggerak Tupolev Tu-95 menggunakan mesin turboprop dengan kecepatan maksimum 920 kilometer/jam. Tu-95 mampu membawa muatan sekitar 15.000 kilogram dan membawa 6 rudal jelajah jarak jauh untuk versi yang telah di tingkatkan. Rusia masih mengandalkan pesawat ini jumlahnya sekitar 60 pesawat beroperasi hingga tahun 2040.

Pesawat Pengebom Nuklir
Tupolev Tu-95. Image via: Pintrest

6. Xian H-6K (China)

Xian H-6K merupakan pesawat pengebom berkemampuan nuklir milik China. Dilengkapi persenjataan Seberat 9 ton dan dapat melaju dengan kecepatan maksimum 1.050 kilometer per jam untuk daya jelajah Xian H-6K mampu menjangkau hingga 6.000 kilometer. Xian H-6K merupakan versi pengembangan pesawat milik Rusia yaitu Tupolev Tu-16.

Pesawat bomber
Xian H-6K. Image via: The National Interest

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *