Keren! Inilah 5 Robot Canggih di Masa depan

Robot canggih di masa depan
Berbagai Robot dari Boston Dynamics. Image via: New Atlas

Robot merupakan sekarangkaian alat canggih yang didesain dan diprogram menggunakan bahasa pemprograman komputer agar dapat bergerak menyerupai manusia seperti berjalan, melompat, mengangkat beban dan lainnya. Bertujuan untuk membantu manusia dalam hal melakukan pengawasan di tempat berbahaya, membawa beban berat dan mungkin saja di masa depan robot canggih menjadi pasukan militer yang kuat, efektif dan efisien. Didalamnya terdapat teknologi seperti AI (Artificial Intelligence), pemroses data visual, pengenal wajah bahkan dapat mengenali suara siapa yang berbicara kepadanya.

Inilah 5 Robot Canggih di Masa depan yang Keren

1. Sophia

Sophia merupakan robot humanoid yang bisa berbicara ketika ada seseorang menanyakan pertanyaan kepadanya bahkan bisa diajak mengobrol, tapi kalian harus mengatur topiknya terlebih dahulu. robot ini menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan pemroses data visual, kelebihan Sophia adalah bisa menampilkan lebih dari 50 ekspresi wajah. Robot ini Dikembangkan oleh perusahaan Hanson Robotics di Hongkong.

2. Spot Mini

Spot Mini diciptakan oleh perusahaan engineering dan robotika Amerika, Boston Dynamics, robot empat kaki ini mampu berjalan di segala medan walaupun jatuh karena terpeleset Spot Mini mampu berdiri sendiri tanpa bantuan manusia, Boston Dynamic melengkapi Spot Mini dengan baterai yang mampu bertahan hingga 90 menit. Robot ini bisa difungsikan untuk memeriksa kebocaran gas dipabrik, memasuki area berbahaya beresiko tinggi bagi manusia dan banyak fungsi lainnya.

3. Atlas

Robot Atlas juga diciptakan oleh perusahaan engineering dan robotika Amerika, Boston Dynamics, berbeda dengan Spot Mini berkaki empat, Atlas hanya menggunakan dua kaki saja untuk berjalan seperti manusia. Robot ini mampu berjalan dengan cepat, melompat, menghindari rintangan bahkan mampu melakukan gerakan backflip yaitu gerakan melompat ke arah belakang. Dimasa depan robot Atlas akan semakin canggih sekaligus menakutkan karena manusia bisa tergantikan dengan kecanggihan robot yang satu ini.

Baca Juga:

4. Asimo

Robot Asimo telah berkembang sangat pesat sejak 1986. Asimo dapat berjalan dengan dua kaki menyerupai manusia, ketika berjalan Asimo dapat maju maupun mundur dengan kecepatannya 6 km/jam. Robot ini menggunakan teknologi canggih didalamnya seperti AI (Artificial Intelligence), sistem pengenalan wajah serta mampu mengenali suara dengan siapa dia berbicara. Robot ini dikembangkan perusahaan Jepang yaitu Honda.

5. Fedor

Robot canggih selanjutnya adalah robot Fedor berasal dari Rusia, kemampuan robot yang satu ini tidak diragukan lagi, Fedor mampu menembakkan senjata, mengendarai mobil, serta mengangkat beban. Sebenarnya robot ini dibuat untuk operasi penyelamatan tetapi kemudian perannya diperluas untuk mencakup misi ruang angkasa.

Related Posts

2 Comments

  1. yang robot no 1 malah infonya sudah jadi warga negara UEA klo ga salah……mungkin tidk salah klo di masa depan, manusia akan menjadi semakin malas…karena smuanya sudah mengandalkan robot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *