Jarang diketahui Inilah 11 Fakta Menarik Armenia

Fakta Armenia
Ibu Kota Yerevan, Armenia. Image via: Silk Road Explore

Armenia adalah negara Eropa-Asia yang berbatasan langsung dengan Turki, Georgia, Azerbaijan dan Iran.

Di Armenia banyak sekali tempat wisata mengagumkan untuk dikunjungi seperti ibukota Yerevan, Vagharshapat, Danau Sevan, Garni, Gunung Aragat Tsaghkadzor dan masih banyak lagi .

Sebelum kesana, kalian wajib mempersiapkan semuanya apa saja yang akan dibawa dan mencari tahu tempat yang kalian yang akan dikunjungi agar tidak kebingungan ketika disana.

Nahh.. kalau sudah dapat tempat yang akan di kunjungi, tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta menarik negara Armenia yang dikutip dari berbagai sumber dibawah ini yaa…

Inilah 11 Fakta Menarik Negara Armenia

1. Meski letaknya di negara Turki, Gunung Ararat merupakan simbol nasional Armenia.

2. Pada 1991, Armenia merdeka bersamaan dengan runtuhnya Uni Soviet.

3. Mayoritas penduduk Armenia adalah beragama Kristen.

Baca Juga: Baru Tau Nih, Inilah Fakta Menarik Negara Islandia

4. Yerevan merupakan ibu kota Armenia dan merupakan salah satu kota tertua di dunia yang dibangun pada 782 Sebelum Masehi.

5. Buah favorit orang Armenia adalah buah delima. Buah ini juga menyimbolkan kesuburan.

6. Armenia merupakan salah satu produsen anggur tertua di dunia, yang berlokasi di lembah pertanian Gunung Ararat.

7. Di sekolah-sekolah Armenia ada mata pelajaran wajib yaitu permainan catur dan ada ujian khusus untuk mata pelajaran ini.

Fakta unik menarik armenia
Danau Sevan, Armenia. Image via: Holiday Provider

8. Salah satu danau terbesar di dunia adalah Danau Sevan, yang terletak di dataran tinggi di Armenia.

9. Di ibu kota Armenia, Yerevan kalian bisa mengunjungi museum Matenadaran. Museum ini menjadi tempat tersimpannya manuskrip-manuskrip kuno dan ada lebih dari 20.000 buku. Namun, ini adalah bagian kecil dari manuskrip dan buku Armenian, sebenarnya ada ribuan lainnya tapi sudah hancur karena perang.

Baca Juga: Pernah Menguasai 8 Persen Daratan di Dunia, Inilah Fakta Menarik Negara Prancis

10. Alphabet Armenia berbeda dengan alphabet di dunia. Alphabet ini ditemukan oleh Mesrop Mashots dan mempunyai 38 huruf.

11. Boregs Keju adalah makanan tradisional Armenia yang terbuat dari keju feta yang dibungkus dalam adonan filo dan dipanggang sampai cokelat keemasan.

Sebagai informasi, Saat ini Minggu, 4 Oktober 2020, Armenia sedang dilanda perperangan melawan Azerbaijan di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh yang telah dimulai pada Minggu, 27 September 2020 lalu. Kedua belah pihak saling menyerang dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Kita hanya bisa mendoakan semoga Armenia dan Azerbaijan segera berdamai dan saling berunding untuk mengakhiri perang ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *