7 Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia

Selain pesawat tempur ada juga pesawat udara lain yang digunakan untuk pertempuran udara yaitu helikopter, helikopter mempunyai kelebihan dapat lepas landas secara vertikal dan mendarat di mana pun dengan lapangan besar kemampuan ini sangat menguntungkan dalam peperangan maupun dalam misi penyelamatan. Banyak negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Italia, Prancis dan negara lainnya mengembangkan helikopter serbu paling canggih di dunia untuk militer mereka masing-masing.

Berikut 7 Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia

1. Boeing AH-64D Apache Longbow, Amerika Serikat

Helikopter serbu AH-64D Apache helikopter model paling maju dan canggih di gunakan Amerika Serikat untuk menggantikan helikopter serbu AH-1 Cobra, AH-64 di rancang oleh perusahaan Hughes Helicopters yang bisa menjalankan misi di segala cuaca, persenjataan utama yang di bawanya adalah Meriam rantai M230 30 mm di bawah moncongnnya dapat di kombinasikan dengan persenjataan lain seperti AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70.

Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia
Boeing AH-64D Apache Longbow. Image via: Wikipedia

2. Bell AH-1Z Viper, Amerika Serikat

AH-1Z viper helikopter serbu bermesin ganda menggabungkan teknologi rotor baru dengan avionik militer upgrade, sistem senjata, dan sensor elektro-optik di platform senjata terintegrasi. Ini telah meningkatkan survivabilitas dan dapat menemukan target pada jarak yang lebih panjang dan menyerang mereka dengan senjata presisi. Rudal yang dibawanya AIM-9 Sidewinder, AGM-114 Hellfire. Kecepatan helikopter ini tidak pernah melebihi kecepatan 222 knot, di operasikan 2 orang pilot di dalamnya.

3. Kamov Ka-52 Hokum-B, Rusia

Mempunyai kecepatan 350 km perjam helikopter ini mempunyai kecepatan yang tinggi untuk menyerang musuh di tambah dengan sistem persenjataan canggih seperti 12 rudal anti tank Vikhr di pandu laser dengan jangkauan 8 km dan Meriam Shipunov 2A42.

Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia
Kamov Ka 52 Hokum-B. Image via: youtube

4. Mil Mi-28 Havoc, Rusia

Havoc itulah nama yang diberikan oleh NATO, helikopter ini bisa beroprasi siang-malam di segala cuaca, Mi-28 di lengkapi dengan persenjataan 16 rudal anti tank Ataka-V, Khrizantema 9M123 dan 9K121 Vikhr. Kecepatan maksimum yang bisa di capainya adalah 320 km lebih rendah dari helikopter Rusia Kamov Ka-52-B 350 km perjam.

Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia
Mil Mi-28 Havoc. Image via: Wikipedia

5. Eurocopter Tiger, Prancis dan Jerman

Untuk menerbangkannya Eurocopter dalam penyerbuan musuh di perlukan 2 orang pilot di depan dan di belakang, pilot di depan bertugas untuk mengendalikan helikopter, pilot kedua bertugas mengendalikan persenjataan, posisi pilot depan dan belakang di letakkan berbeda agar pilot yang mengendalikan persenjatan pandangannya tidak terganggu dengan pilot di depan. Sistem persenjataannya menggunakan Meriam GIAT 30 dan ada juga rudal udara-ke-udara Mistral. Kecepatan maksimum helikopter ini 290 km perjam.

Baca Juga: 4 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia untuk Berperang

6. Z-10, China

Z-10 di yakini bahwa ia di kelas yang sama dengan A-129 Mangusta dan AH-2 Rooivalk, helikopter ini di lengkapi Meriam 30 mm dan peluru kendali anti-tank HJ-9 atau HJ-10 dan TY-90 rudal udara-ke-udara.

7 Helikopter Serbu Paling Canggih di Dunia
Z-10. Image via: youtube

7. Augusta A129 Mangusta, Italia

A129 Mangusta adalah helikopter tempur pertama yang didesain dan diproduksi di Eropa Barat. Helikopter ini dikendalikan 2 orang dengan posisi pilot belakang lebih tinggi dari pilot pertama. Kecepatan maksimumnya 278 km perjam sistem persenjataan dengan 4 buah roket dan rudal anti-tank AGM-114 Hellfire, rudal anti-pesawat AIM-92 Stringer.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *