6 Fakta Unik dan Akurat yang Sulit Dipercaya

fakta unik menarik dan sulit di percaya
Seorang wanita di India mengenakan perhiasan emas. Image via: NPR

Mungkin Anda merupakan orang yang hanya memercayai informasi dan fakta yang ditampilkan menggunakan grafik, diagram, histogram atau data statistik lainnya. Tapi, nyatanya saat ini sering muncul berbagai fakta unik dan aneh yang sulit dipercaya, namun kebenarannya telah diuji, serta akurat. Artikel kali ini akan menyajikan berbagai fakta unik nan akurat yang mungkin Anda sendiri sulit untuk percaya.

Berikut 6 Fakta Unik dan Akurat yang Sulit Dipercaya

Populasi Kanguru di Australia Dua Kali Lipat dibanding Manusianya

Kanguru dikenal sebagai ikon negara Australia. Warga Australia pun bangga dengan hewan tersebut. Bahkan, mereka menaruh gambar kanguru di lambang negara, lencana olimpiade, mata uang hingga maskapai penerbangan. Pada tahun 2010, jumlah kanguru di negara tersebut berjumlah 27 juta. Namun, pada enam tahun terakhir, jumlahnya naik hampir dua kali lipat menjadi 45 juta ekor. Di tahun 2017, tingkat jumlah kanguru menjadi 50 juta. Populasi kanguru yang kian lama kian meningkat mengalahkan populasi manusianya sendiri dengan jumlah 25 juta per tahun 2018. Peningkatan populasi kanguru disebabkan kurangnya predator, seperti pemburu aborigin dan dingo. Hal ini pula menyebabkan pemerintah Australia mendorong masyarakatnya untuk selalu mengonsumsi daging Kanguru.

Fakta unik dan aneh tapi akurat
Kangguru. Image via: Toronto Zoo

Phytoplankton Ciptakan 70 Persen Oksigen di Bumi

Percayakah Anda bahwa 70 persen oksigen di bumi dihasilkan oleh phytoplankton? Tanaman laut kecil ini hidup di permukaan air dan berfotosintesis menggunakan karbondioksida, serta matahari. Fotosintesis tersebut menghasilkan makanan untuk tanaman tersebut dan oksigen.

11 Persen Emas di Dunia Dimiliki Orang India

India memiliki kebudayaan dalam memakai perhiasan emas. Oleh karena itu, negara tersebut merupakan konsumen logam mulia terbesar di dunia saat ini. Setiap rumah tangga di India menyimpan sekitar 18 ribu ton emas. Meski jumlah cadangan emas di Amerika Serikat, Jerman, dan Swiss digabungkan, namun jumlah emas di India terhitung tetap lebih banyak.

Baca Juga: Fakta Negara India, yang Mungkin Kalian Belum Ketahui

fakta unik menarik dan sulit di percaya
Seorang wanita di India mengenakan perhiasan emas. Image via: NPR

Umur Universitas Oxford Lebih Tua daripada Kerajaan Aztec

Tahukah Anda bahwa usia Universitas Oxford lebih tua daripada Kerajaan Aztec? Meski tidak memiliki tanggal pendirian, namun kegiatan pengajaran di Universitas Oxford sudah mulai sejak tahun 1096. Sementara, Tenochtitlan yang merupakan bagian dari Kerajaan Aztec dibangun pada tahun 1325.

fakta yang sulit dipercaya
Oxford of University. Image via: Oxford of University

Dilarang Meninggal di Longyearbyen

Salah satu kota kecil di Norwegia, yaitu Longyearbyen, hanya memiliki satu pemakaman kecil. Diketahui bahwa sudah 70 tahun lamanya tidak ada proses penguburan baru. Longyearbyen memiliki suatu peraturan unik, yaitu dilarang menguburkan jenazah di kota tersebut. Bagi orang yang sudah terlanjur meninggal, jenazahnya tidak boleh dikubur, tapi harus diterbangkan ke daratan Norwegia. Nantinya jenazah akan dibawa oleh pesawat kargo. Kota tersebut berpendapat bahwa jika menguburkan jenazah, maka sama aja Anda membuatnya menjadi mumi. Hal ini dikarenakan suhu dalam tanah sangat dingin sehingga kondisi badan jenazah akan selalu terjaga dengan bagus.

Baca Juga: 15 Fakta Menarik Negara Norwegia yang Jarang kalian ketahui

fakta akurat
Image via: Men’s Health

Anggaran Pembuatan Film Titanic Lebih Mahal dari Pembuatan Kapal Aslinya

Apakah Anda sering mendengar bahwa kapal Titanic merupakan kapal termahal di dunia? Perlu diketahui bahwa faktanya anggaran pembuatan film Titanic lebih mahal daripada pembuatan kapal aslinya. Terbukti anggaran pembuatan kapal titanic hanya berjumlah 7,5 juta dolar Amerika. Sementara, anggaran untuk pembuatan film Titanic berjumlah 200 juta Dolar Amerika.

fakta di dunia
Kapal TItanic. Image via: Wikipedia

Bagaimana? Apakah Anda sendiri sudah pernah mendengar fakta tersebut? Atau bahkan belum pernah sama sekali? Pastinya masih banyak fakta unik dan akurat lainnya yang belum disebutkan. Tentunya ini adalah pilihan setiap orang mau mempercayai fakta tersebut atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *