10 Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb

James Webb Space Telescope atau disingkat JWST adalah teleskop baru NASA yang di tempatkan di luar angkasa proyek yang di mulai tahun 1996 ini merupakan kolaborasi internasioanl dari sekitar 17 negara dipimpin oleh NASA, dan dengan kontribusi signifikan dari European Space Agency dan Canadian Space Agency. Fakta menarik teleskop luar angkasa James Webb atau JWST menggunakan lapisan emas pada cerminnya untuk mengoptimalkan cahaya inframerah setebal 0.00001 cm.

Teleskop JWST di optimalkan untuk pengamatan dalam spektrum inframerah merupakan pengganti teleskop Hubble dan Spitzer. Nama James webb di ambil dari administrator kedua NASA James E. Webb yang berperan dalam program Apolo.

Wahana antariksa ini akan diluncurkan pada 2021 menggunakan roket Ariane 5 berikut adalah fakta menarik tentang teleskop luar angkasa James Webb

1. Ukuran Teleskop JWST Sebesar Lapangan Tennis

Ukuran teleskop ini sama seperti lapangan tennis Panjang sunshieldnya saja sekitar 22 meter (72 kaki) dengan lebar cermin 6,5 meter (21 kaki) ukurannya pun lebih besar 2 kali lipat dari teleskop terdahulu Hubble.

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
James Webb sebesar lapangan tennis.

2. Cerminnya Dilapisi Emas Setara Berat Bola Golf

Untuk mengoptimalkan cahaya inframerah cermin teleskop James Webb di lapisi emas setebal 0.00001 cm yang poles pada permukaan cermin seluas 25 meter persegi total emas yang digunakan sekitar 48,25 gram, kira-kira setara dengan berat sebuah bola golf.

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
Cermin JWST ini ditutupi emas untuk mengoptimalkan cahaya inframerah

3. Diletakkan 4 Kali Lebih Jauh di Banding Bulan

JWST akan memakan waktu sekitar satu bulan untuk mencapai posisi 1,5 juta kilometer (930.000 mil) dari Bumi. Wilayah ini dikenal sebagai Lagrange point 2, atau L2. Pada posisi ini, pengamatanteleskop tidak akan terhambat Bumi dan Bulan jika terjadi malfungsi (seperti yang terjadi dengan Hubble).

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
James Webb di tempatkan lebih jauh dari bulan.

4. James Webb Dapat Melihat Uang Koin Sejauh 24 mil

Resolusi sudut dari James Webb atau JWST sangat tajam dan tepat. Teleskop ini dapat melihat pada resolusi 0,1 busur-detik, yang berarti bahwa hal itu bisa melihat satu sen dari jarak 24 mil (40 kilometer) jauhnya atau menonton pertandingan sepak bola dari jarak 340 mil (550 kilometer) jauhnya.

Teleskop Luar Angkasa
Resolusi sudut dari JWST sangat tajam dan tepat

5. James Webb Bisa Menemukan Air di Exoplanet

Dengan mengukur radiasi inframerah James Webb dapat mendektesi planet di sekitar bintang terdekat bahkan dapat mengukuratmosfer exoplanets dengan mempelajari cahaya yang melewatinya. Dengan melakukan hal ini, ia dapat menentukan apakah sebuah exoplanet itu memiliki air cair di permukaannya.

Teleskop Luar Angkasa
Exoplanet-Populations

6. Tujuh Kali Lebih Kuat Dari Teleskop Hubble

Cermin raksasa JWST terbuat dari 18 segmen heksagonal individu terdiri dari beryllium ringan. Cermin ini hampir tiga kali ukuran cermin Hubble, sehingga daerah pengumpul cahayanya tujuh kali lebih besar dari Hubble. Namun kedua cermin ini memiliki berat hampir sama karena bahan yanglebih ringan digunakan pada cermin JWST ini.

James Webb Teleskop
Perbandingan ukuran Hubble dan James Webb

7. JWST Dapat Melihat Cahaya Pertama Alam Semesta

Salah satu tujuan dari JWST adalah untuk mengamati bintang-bintang pertama dan galaksi yang terbentuk hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang. Teleskop ini akan sangat sensitif terhadap cahaya inframerah, yang akan memungkinkannya untuk melakukan hal ini.

James Webb
James Webb Melihat Cahaya Pertama Alam Semesta.

8. Teleskop Ini Akan Terbuka Di Luar Angkasa

Teleskop ini akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5, cermin dan sunshield raksasa James Webb akan di kemas didalamnya. Ketika mencapai luar angkasa James Webb akan terbuka.

Baca Juga:

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
Rocket yang digunakan untuk meluncur ke luar angkasa.

9. Satu Sisi Teleskop Ini Lebih Panas Dari Death Valley, Sementara Sisi Lain Lebih Dingin Dari Antartika

Sisi bagian bawah sunshield JWST akan selalu menghadap Matahari, sehingga suhunya mencapai 85 ° C (185 ° F). Sementara sisi lain, yang merupakan tempat cermin dan instrumen ilmiah akan memiliki suhu sangat dingin, sekitar -233 ° C (-388 ° F).

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
Suhu yang berbeda pada kedua sisi

10. Dapat Bekerja Selama 1 Dekade

James Webb di rencanakan bisa beroprasi antara lima sampai sepuluh tahun tergantung bahan bakar yang dibawa untuk mempertahankan posisinya. Tapi faktor lain seperti pemotongan anggaran atau malfungsi bisa mengakhiri misinya lebih singkat.

Fakta Menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb
James Webb NASA

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *