Fakta Menarik Ingenuity, Helikopter Pertama di Planet Mars

Helikopter Mars Ingenuity
Helikopter Mars Ingenuity

Ingenuity merupakan helikoper canggih pertama yang bisa terbang di planet lain. Helikopter ini diluncurkan bersama dengan robot penjelajah Perseverance mendarat pada 18 Februari 2021.

Setelah pendaratan yang sukses, pusat kontrol di Bumi melakukan serangkaian tes pada robot Perseverance dan mencari tempat yang tepat untuk melepaskan helikopter Ingenuity.

Helikopter Ingenuity pertama kali diuji coba terbang pada 19 April 2021 setinggi 3 meter dari permukaan planet Mars dan direkam langsung oleh robot Perseverance dari kejauhan dengan menggunakan kamera canggih Matcam-Z.

Baca Juga:

Ujicoba kedua dilakukan pada tanggal 22 April 2021 NASA berhasil menerbangkan Ingenuity selama 52 detik dan menaikkan ketinggian hingga 16 kaki (5 meter) dari sebelumnya 10 kaki (3 meter).

Helikopter Mars Ingenuity NASA menjadi wahana pertama dalam sejarah yang melakukan penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain.

Berikut adalah beberapa fakta menarik helikopter canggih Mars Ingenuity:

1. Helikopter pertama di planet lain yang bisa terbang

Ingenuity menjadi helikopter pertama buatan manusia yang bisa terbang di planet luar bumi. Helikopter canggih ini akan menghadapi sejumlah tantangan mulai dari atmosfer tipis Mars, suhu dingin hingga delaynya komunikasi antara pusat kontrol bumi dan Ingenuity di planet Mars.

2. Kecepatan rotor Ingenuity lebih cepat dari helikopter penumpang di Bumi

Atmosfer Mars sangatlah tipis maka dari itu ilmuan NASA merancang Ingenuity dengan sangat ringan yakni 1,8 kilogram dan dipasangkan dengan rotor yang sangat cepat sekitar 2.400 rpm untuk bisa menghasilkan daya angkat diatmosfer Mars.

Uji terbang ketiga helikopter Ingenuity di planet Mars

3. Teknologi untuk masa depan

Keberhasilan Ingenuity membuat ilmuan sangat senang bahwa teknologi yang dibuat di Bumi dapat terbang di planet lain. Peneliti berharap Ingenuity dapat mengirimkan data lebih banyak kepada peneliti di bumi untuk membuat teknologi canggih lainnya dimasa depan dengan menambahkan beberapa instrumen penelitian kedalam helikopter selanjutnya ataupun menambahkan ke rover berjalan seperti Perseverance dan Curiosity.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *