Inilah Beberapa Fakta Sains Lubang hitam atau Black Hole

fakta Lubang Hitam atau Black Hole
Lubang Hitam. Image via: Wikipedia

Ayo kita ke luar angkasa yang jauh sebentar dalam perjalanan kamu dapat melihat planet-planet, bulan yang indah tapi tidak bisa ditinggali, lanjut kita akan menaikkan kecepatan wow kapal ruang angkasa bergoyang ada meteor melintas sangat dekat kita harus berhati-hati naikkan kecepatan lagi akhirnya kita sampai di perjalanan yang lebih jauh, kamu akan melihat sebuah objek misterius berwarna hitam, mendekat sedikit dan ternyata itu adalah lubang hitam atau Black hole yang mempunyai gravitasi paling kuat, bahkan cahaya pun tidak dapat menghindarinya. Fakta menariknya lubang hitam dapat menghacurkan apapun yang tersedot ke dalamnya termasuk bintang besar. Lubang hitam terbagi dua yaitu lubang hitam dan lubang hitam supermasif yang sering kali ada di pusat suatu galaksi.

Berikut ini Beberapa Fakta Sains Menarik Black Hole atau Lubang Hitam:

1. Waktu Yang Melambat

Katakan saja bahwa ada dua orang yang ingin mengamati si black hole ini, si B masuk kedalam black hole dan si A mengamatinya dari luar. Maka waktu si B akan berjalan lambat dan terus melambat. Hal ini sesuai dengan teori relativitas yang dicetus fisikawan Albert Einstein, yang mengemukakan bahwa waktu akan dipengaruhi seberapa cepat objek melaju. Jika masuk black hole maka waktu akan berhenti dan melambat.

apa itu Lubang hitam atau black hole
Ilustrasi Lubang Hitam. Image via: Universe Today

2. Apa yang Ada Dalam Lubang Hitam?

Sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti apa yang ada di dalamnya, untuk mendekat saja tidak bisa karena gravitasi yang sangat kuat, tersedot ke dalamnya membuat kalian tidak akan bisa kembali lagi.

Namun, diyakini bahwa pusat dari black hole adalah ruang waktu yang disebut singularistas di mana bidang gravitasi benda langit diprediksi akan menjadi tak hingga oleh relativitas umum dengan cara yang tidak bergantung pada sistem koordinat.

fakta Black Hole
Black Hole, Image via: Physics World

3. Ukuran

Ukuran lubang hitam besarnya mencapai 10 kali lipat dari matahari kita. Namun faktanya setelah dilakukan penelitian lebih lanjut lubang hitam memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Fakta Lubang Hitam di Luar angkasa
Black Hole. Image via: NASA

4. Jumlahnya Mencapai 1 Miliar Lubang Hitam

Di perkirakan jumlah lubang hitam mencapai 10 juta sampai 1 miliar di luar angkasa, dengan kira-kira memiliki massa tiga kali dari matahari di Bima Sakti.

fakta Lubang Hitam
Black Hole. Image via: SlashGear

5. Fakta Bahwa Lubang Hitam Tidak Bisa di Lihat

Kita memang tidak melihatnya secara langsung, tapi kita bisa melihat tanda-tandanya seperti planet dan bintang bergerak secara aneh kemudian hilang berkeping-keping. Itu berarti di dekatnya terdapat black hole.

fakta Lubang Hitam di luar angkasa
Black Hole. Image via: The Conversation

6. Mesin Penghancur

Secara alami black hole dapat menghancurkan bintang besar dalam waktu singkat, ketika black hole menyerap bintang ia akan terlihat semakin cepat, besar,dan semakin naik suhunya. Jika diamati melalui X-rays.

Baca Juga:

fakta Lubang hitam
Black Hole. Image via: SciTechDaily

7. Lubang Hitam Bukan Obyek Abadi

Seiring berjalannya waktu lubang hitam akan lenyap dengan sendirinya. Penemuan ini diprediksi pertama kali pada tahun 1974 oleh fisikawan Stephen Hawking. Sesuai namanya, fenomena ini dinamakan radiasi Hawking.

fakta Black Hole di luar angkasa
Black Hole. Image via: Engadget

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *