Daftar Kapal Perang Canggih di Berbagai Negara

Kapal Perang Paling Canggih
Kapal Perang canggih HMS Dauntless Negara Inggris. Image via: Wikipedia

Mempunyai armada pesawat tempur sangatlah penting untuk menjaga wilayah udara begitu juga dengan perairan. Untuk mempertahankannya berbagai negara memerlukan armada kapal perang canggih yang siap menjaga kedaulatan agar negara lain tidak berani mendekat ataupun ingin mengambil pulau terdekat.

Kapal perang harus selalu dikembangkan dengan fitur teknologi yang lebih mutakhir dan bisa membawa senjata yang mematikan dengan satu tombol bbbooom rudal canggih meluncur menghancurkan kapal musuh didepan dan yang terbaru sekarang Amerika Serikat berhasil menguji coba kapal perang dilengkapi dengan senjata laser yang ditembakkan langsung keudara menghancurkan drone.

Berikut adalah daftar kapal perang canggih dari berbagai negara

1. Kapal Perang Zumwalt – Negara Amerika Serikat

Desain kapal perang Zumwalt sangatlah unik sedikit berbeda dengan lainnya tapi tetap terlihat kuat dan gagah yang di miliki Negara Amerika Serikat, kapal perang seharga Rp 58 triliun per unit ini mempunyai teknologi canggih yang membuatnya lebih sulit dideteksi radar.

Kapal Perang Zumwalt dalam mode menyerang dapat meluncurkan 600 proyektil bertenaga roket yang dapat mencapai target hingga lebih dari 100 meter. Senjata lainnya adalah rudal penghancur BGM-109 Tomahawk ketika sudah meluncur bisa menghancurkan apa saja, dilengkapi juga dengan rudal anti kapal selam, rudal RIM-66, RUM-139 VL-Asroc dll. Tidak hanya untuk menyerang kapal perang Zumwalt juga bisa digunakan untuk pertahanan.

Kapal Perang Paling Canggih
Kapal Perang canggih USS Zumwalt Negara Amerika Serikat. Image via : jejaktapak

2. Kapal Perang HMS Dauntless – Negara Inggris

Kapal tempur Negara Inggris HMS Dauntless di luncurkan di Govan, resmi ditugaskan pada 3 Juni 2010 disebut-sebut menjadi kapal perang paling canggih yang ada di bumi. Bobotnya mencapai 8 ribu ton HMS Dauntless di lengkapi sistem persenjataan terbaik diklaim mampu memburu target musuh berukuran paling kecil dengan kecepatan paling tinggi sekalipun seperti rudal Aster 15, Aster 30 dan peluncur Harpun 2 dan membawa teknologi multi-fungsi radar terbaru, kapal tempur ini bisa membawa awak kapal sebanyak 190 awak siap tempur.

Kapal Perang canggih HMS Dauntless Negara Inggris
Kapal Perang canggih HMS Dauntless Negara Inggris. Image via: Wikipedia

3. Kapal Perang Visby – Negara Swedia

Visby adalah kelas terbaru korvet yang digunakan oleh Angkatan Laut Negara Swedia setelah korvet Göteborg dan Stockholm. Korvet Siluman Visby Class dibangun oleh perusahaan Swedia Kockums (anak perusahaan dari ThyssenKrupp Marine Systems Jerman)

Kapal perang canggih Visby membawa sistem rudal permukaan ke udara Umkhoto dengan jangkauan 12 KM dan ketinggian 10 KM mempunyai kemampuan mengunci hingga delapan target. Untuk rudal anti kapal Visby mempercayakannya dengan Saab Bofors Dynamics RBS 15 MK2. RBS 15 MK2 menggunakan aktif Ku-band radar homing dan memiliki jangkauan lebih dari 200 km. Rudal ini memiliki kecepatan subsonik 0,9 Mach dan dipersenjatai dengan hulu ledak 200kg.

Kapal perang canggih Visby Negara Swedia
Kapal perang canggih Visby Negara Swedia. Image via: thedrive

4. Kapal Perang INS Kochi – Negara India

Negara India juga tidak mau kalah dalam hal menjaga perairan, mereka pun membangun kapal perang canggih INS Kochi kelas siluman Kolkata seberat 8 ribu ton di Mumbai dengan nama kode Project 15 Alpha.

Baca juga: 4 Pesawat Tempur Canggih untuk Berperang

Persenjataan yang bawanya seperti rudal anti-udara Barak 8 , rudal anti kapal BrahMos dan RBU-6000 roket anti kapal selam, kapal tempur INS Kochi 56 KM / jam; 35 mph.

Kapal Tempur Canggih INS Kochi Negara India
Kapal Tempur Canggih INS Kochi Negara India. Image via: businesss-standard

5. Kapal Perang KRI Martadinata 331 – Negara Indonesia

KRI Raden Eddy Martadinata-331 di bangun oleh PT PAL Indonesia bekerjasama dengan perusahan kapal belanda DSNS.

Bobotnya mencapai 2.946 mampu melaju dengan kecepaan 28 knot disertai teknologi siluman membawa persenjataan canggih rudal Exocet MM40 Block 3 yang jarak jangkaunya bisa mencapai 180-200 kilometer. Selain itu, ada juga rudal anti serangan udara Mica yang dirancang efektif dan dapat menyergap sasaran sejauh 20—25 kilometer dengan ketinggian 9144 meter.

Kapal Perang Canggih KRI-Martadinata-331 Negara Indonesia
Kapal Perang Canggih KRI-Martadinata-331 Negara Indonesia. Image via: wikipedia

Itulah Kapal perang canggih dari berbagai negara di dunia semoga kalian mendapatkan pengetahuan tentang kapal-kapal penjaga negara yang ada di dunia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *