Canggihnya, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Pesawat Tempur F-35

Pesawa tempur canggih f-35
Pesawat Tempur F-35. Image via: Aviation International News

Pesawat tempur F-35 dikembangkan bersama-sama dengan negara lain dengan tujuan untuk menciptakan pesawat tempur canggih generasi kelima yang dapat diekspor ke luar negeri. Proyek ini dikembangkan pada awal 1990-an melalui program Joint Strike Fighter (JSF) dan diterbangkan perdana pada 15 Desember 2006.

Baca Juga: 4 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia untuk Berperang

F35 sendiri memiliki tiga varian berbeda yaitu F-35A, F-35B dan F-35C dengan keunggulannya masing-masing. F-35A adalah varian dengan tipe conventional takeoff and landing (CTOL) yang berarti pesawat ini mendarat dan lepas landas seperti pesawat penumpang yang membutuhkan tempat landasan yang panjang. Sedangkan varian F-35B dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal dengan landasan yang pendek seperti landasan di kapal induk. Varian berikutnya adalah F-35C, Pesawat ini biasa digunakan di kapal induk karena memiliki sayap yang lebih lebar dan bisa dilipat. Terdapat fakta menarik tentang pesawat tempur F-35 ini, berikut ulasannya.

Berikut 5 Fakta Pesawat Tempur F-35 Amerika Serikat:

1. Kemampuan Terbang Secara Vertikal

Tidak hanya fitur siluman saja yang membuat pesawat ini hebat, tetapi juga dalam hal lepas landas. Pesawat tempur F-35 dilengkapi kemampuan untuk terbang secara vertikal. Fitur ini sangat berguna ketika berada ditempat yang tidak terlalu luas seperti dikapal induk.

2. Memiliki Helm Canggih F-35

Pesawat Tempur F35 mempunyai helm khusus untuk pilotnya agar bisa melihat sekelilingnya tanpa perlu menggerakkan kepala kekiri kekanan maupun kebelakang. Helm ini didesain khusus bagi pesawat tempur F35, mampu memproyeksikan informasi pada visor helm dengan Heads-up Display (HUD).

Terdapat enam kamera infra merah yang terpasang di seluruh badan F-35 dan citranya akan ditampilkan pada kaca helm pilot dalam fitur picture in picture. Hal ini memberi kemampuan pilot untuk memantau sekeliling pesawat hingga 360 derajat, termasuk bagian bawah.

3. Kokpit F-35 Dilengkapi Layar Sentuh Besar

Kokpit F-35 dilengkapi dengan fitur layar sentuh canggih dan berukuran besar sehingga memudahkan pilot mengoperasikan pesawat tempur dan melihat semua informasi yang di perlukan pilot.

fakta pesawat tempur canggih f-35
Kokpit Pesawat Tempur F-35. Image via: Pinterest

4. Bermanuver Lincah

Dalam pertempuran sebenarnya, pilot memerlukan pesawat yang dapat bergerak lincah dan berkecepatan tinggi. Maka dari itu lah perusahaan kontraktor pertahanan Amerika Serikat, Lockheed Martin, mendesain dan merancang pesawat tempur F35 dengan lincah, mampu bergerak kesegala arah dengan kecepatan tinggi untuk misi pertempuran di udara.

5 Tidak Terlihat di Radar Musuh

F-35 adalah pesawat generasi ke-5 tercanggih di dunia. Pesawat ini mampu mengelak dari radar lawan yang artinya pesawat tempur F-35 bisa bergerak secara tersembunyi memasuki wilayah musuh tanpa ketahuan. Berkat keunggulan ini pilot dapat menyerang dan membom markas musuh dimana pun secara tiba-tiba.

fakta pesawat f-35
Pesawat Tempur F-35. Image via: Asia Times

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *