Canggih! Inilah 6 Robot Canggih NASA di Planet Mars

Robot Canggih NASA di Planet Mars
Curiosity Rover di Planet Mars. Image via: NASA Mars Exploration.

Mars menjadi planet yang paling banyak dipelajari manusia sejak 1965. Berbagai Lembaga antariksa di dunia telah mengirimkan robot canggih mereka masing-masing untuk mempelajari dan menyelediki apa yang ada di Mars. Salah satunya NASA dengan berbagai terobosan telah di lakukan mulai dari robot canggih InSight yang tugasnya menyelidiki bagian dalam planet Mars sampai Ingenuity, helikopter yang bisa terbang untuk merecanakan rute penjelajahan rover masa depan.

Saat ini NASA menjadi Lembaga antariksa paling maju di dunia, telah banyak mengirimkan berbagai robot canggih dan mendaratkannya dengan selamat di permukaan planet Mars.

Berikut Robot Canggih NASA di Planet Mars

1. Robot Rover Opportunity

Opportunity adalah robot penjelajah NASA yang berhasil mendarat pada 25 Januari 2004 lalu. Misi robot ini telah berakhir setelah 15 tahun menjelajah planet Mars untuk melakukan penelitian, misinya berhenti karena badai debu yang menyelimuti Mars, ketika badai debu berlangsung Opportunity dalam mode hibernasi pada 12 juni 2018 dengan harapan robot ini bisa kembali menyala, tapi nyatanya Opportunity tidak bisa menyala lagi setelah gagal menerima 1000 sinyal yang dikirimkan NASA dari pusat kontrol di bumi sejak Agustus 2018 dan pada 13 Februari 2019 NASA akhirnya mengumumkan bahwa robot canggih mereka Rover Opportunity “tutup usia” misinya sudah tercapai.

Berikut Fakta Robot Canggih NASA Rover Opportunity di Planet Merah

  • Opportunity mempunyai saudara kembar yaitu Spirit yang lebih dahulu mendarat tiga minggu sebelum Opportunity mendarat di Mars.
  • Ternyata Rover opportunity hanya ditargetkan mengeksplorasi Mars hanya 90 hari tapi ketahanan dan kekuatan Opportunity mampu bertahan selama 15 tahun lamanya.
  • Terima kasih Rover Opportunity berkat robot canggih ini banyak pengetahuan penting yang kita ketahui di Mars salah satunya adalah menunjukkan batuan sendimen yang ada di Mars terbentuk dari ephemeral kuno dan menemukan sebuah bidang kecil hematit yang dikenal sebagai ‘blue berry’ yang terbentuk dari naiknya air tanah bersifat asam.

2. Robot Rover Curiosity

Robot ini mendarat di Aeolis Palus sekitar Kawah Gale, Mars pada 6 Agustus 2012. Curiosity sudah berada lebih dari 8 tahun menjelajahi permukaan planet merah. Banyak foto pemandangan planet ini yang telah dipublikasikan Lembaga antariksa NASA kalian bisa melihatnya di link berikut ini https://www.nasa.gov/mission_pages/mars/images/index.html terlihat pada foto-foto tersebut hanyalah pemandangan berbatu tanpa ada pohon, rumbut, hewan dan kehidupan tentunya. Sampai saat ini rover Curiosity masih terus mencari dan meneliti apakah planet Mars pernah di huni kehidupan pada jutaan tahun lalu.

3. Robot InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport)

Robot canggih yang satu ini sedikit berbeda dari robot Mars lainnya. InSight yang diluncurkan pada 5 Mei 2018 dilengkapi Seismometer canggih bertugas menyelidiki bagian bawah permukaan Mars, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. InSight mendarat di dataran datar bernama Elysium Planitia, berdekatan dengan garis ekuator Mars. Membawa peralatan penting salah satunya adalah bor yang dapat menembus sampai 5 meter di bawah tanah. Perangkat ini dipakai untuk mengukur aliran panas dari dalam planet Mars.

Baca Juga:

4. Robot Rover Perseverance

Sebulan lagi Perseverance akan menemani pendahulunya rover Curiosity yang telah mendarat pada 26 November 2011 lalu. Rover Preseverance direncanakan akan diluncurkan pada 20 Juli 2020 bersama dengan helikopter Mars Ingenuity, menggunakan roket peluncur Atlas V yang diperkirakan mendarat di kawah Jezero, Mars pada Februari 2021. NASA melengkapi Robot ini dengan 7 peralatan instrumen canggih untuk mempelajari dan meneliti permukaan di planet merah Mars.

5. Robot Helikopter Mars Ingenuity

Ingenuity merupakan robot canggih yang bisa terbang seperti helikopter, bagian dari rover penjelajah planet Mars Preseverance, diluncurkan pada 20 Juli 2020 nantinya ketika mendarat di planet merah Ingenuity akan berpisah dengan Preseverance, namun tetap berbagi data diantara mereka. Rencananya Ingenuity akan membantu melakukan perencanaan rute penjelajahan untuk rover masa depan. Dalam uji coba selama 30 hari diharapkan Helikopter Mars Ingenuity dapat terbang hingga 5 kali diawal misi penjelajahan. Pengiriman robot canggih helikopter ke Planet Mars di maksudkan untuk menguji kemampuan teknologi NASA dalam penjelajahan planet lain dari ketinggian.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *