Berikut 7 Cara menghemat Baterai Smartphone Kamu

menghemat baterai smartphone
Menghemat Baterai Smartphone. Image via: Medium

Smartphone merupakan benda kecil serbaguna yang setiap orang memilikinya di zaman modern seperti ini. Fungsinya sangat banyak mulai bermain game, telepon, sms, chatting bahkan video call yang memungkinkan bertatap muka dari jarak ribuan kilometer. Ponsel pintar dapat menghubungkan orang dengan orang lain secara mudah. Tapi ada satu masalah, terkadang mengaktifkan fungsi lokasi, data yang terhubung terus menerus dapat menyebabkan baterai cepat berkurang secara drastis, apalagi kapasitas baterainya memang sedikit. Bagaimana Cara Menghemat Baterai Smartphone ?

Pasti kalian tidak mau kehabisan baterai didalam perjalanan, camping, atau sedang ada telepon penting dan lainnya. Untuk mengatasi ini sebenarnya mudah kalian bisa membawa powerbank untuk melakukan pengisian sementara smartphone kalian. Tapi tidak ada salahnya mencoba tips dibawah ini cara menghemat baterai smartphone kalau sewaktu-waktu powerbank kalian ketinggalan.

Berikut Cara menghemat dan Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

1. Matikan Fitur Lokasi

Fitur ini sangat berguna jika kita dalam bepergian ataupun membagi lokasi kita secara realtime kepada teman untuk menunjukkan jalan ke rumah, tapi penggunaan fitur ini terus menerus diaktifkan menyebabkan daya baterai berkurang sangat cepat, disarankan jika tidak digunakan fitur ini dinonaktifkan saja untuk menghemat baterai smartphone.

cara menghemat baterai smartphone
Matikan Fitur Lokasi. Image via: TehGram

2. Jangan Mengisi Baterai Smartphone Semalaman

Untuk memperpanjang umur baterai Ponsel, Kamu sebaiknya tidak melakukan pengisian baterai semalaman karena bisa memicu overheat dan membuat baterai kamu cepat rusak.

Hemat Baterai
Jangan Mengisi Baterai Semalaman. Image via: PSafe

3. di Sarankan Menggunakan Wallpaper Warna Gelap

Live wallpaper yang bisa bergerak memang keren terlihat indah, tapi tahu kah kamu wallpaper bergerak atau animasi bisa menguras daya baterai kamu lebih banyak. Kami menyarankan sebaiknya Kamu memilih wallpaper tidak bergerak dan berwarna gelap, kalau kamu ingin menghemat daya baterai yang lebih lama lagi, apalagi smartphone Kamu menggunakan layar AMOLED, penggunaan wallpaper warna gelap sangat di rekomendasikan.

cara menghemat baterai smartphone
Gunakan Wallpaper Warna Gelap. Image via: TehGram

4. Memperbaharui Aplikasi dan OS yang Lebih Baru

Aplikasi atau OS yang di perbaharui ke lebih baru biasanya membawa fitur baru dan dapat bejalan dengan lebih stabil, efek positifnya adalah daya baterai smartphone Kamu akan menjadi lebih hemat.

Gunakan Wallpaper Warna Gelap
Perbaharui Aplikasi dan OS Smartphone. Image via: TehGram

5. Matikan Data Internet, Wifi dan Sync

Menurut pengalaman TehGram dengan mematikan Data Internet, Wifi dan Sync dapat menghemat baterai smartphone sangat signifikan.

cara menghemat baterai smartphone
Matikan Data Internet, Lokasi, Wifi dan Sync. Image via: TehGram

6. Pencahayaan Layar

Gunakan pencahayaan layar yang paling redup untuk melakukan penghematan baterai, cahaya redup juga sangat nyaman di mata ketika harus berinteraksi dengan smartphone.

cara menghemat baterai smartphone
Kurangi Cahaya pada Smartphone. Image via: Tehgram

7. Atur Time Sleep

Time Sleep itu ketika smartphone tidak digunakan selama 30 detik misalnya maka otomatis layar akan menjadi redup atau terkunci, semakin lama kamu mengaturnya maka semakin menghabiskan daya baterai smartphone kamu, jadi atur lah misal 30 detik saja.

cara menghemat baterai smartphone
Mengatur Kapan Smartphone Tidur. Image via: Tehgram

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *