Berikut 6 Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Sebenarnya

Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Burj Khalifa
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Burj Khalifa. Image via: WheelChair Travel

Jalan-jalan ke kota besar sangat lah menarik, salah satunya adalah mengunjungi gedung tertinggi di dunia. Gedung pencakar langit ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian kalian bisa melihat kota-kota besar dari prespektif berbeda dari biasanya.

Kalau kalian ingin mengunjungi gedung tertinggi di dunia kalian bisa ke kota besar seperti Dubai, Arab Saudi, Korea Selatan, New York, Shenzhen dan Shanghai, Sebelum berangkat tidak ada salahnya mencari tahu terlebih dahulu apa saja fakta pembangunan gedung ini.

Berikut 6 Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Sebenarnya

1. Burj Khalifa (Dubai, Uni Emirat Arab)

Burj Khalifa yang berarti Menara khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Ketinggian gedung ini mencapai 828 meter (2.717 kaki) tiga kali lebih tinggi dari Menara Eiffel. Begitu tingginya ujung gedung tertinggi di dunia ini bisa dilihat dari jarak 95 kilometer.

Burj Khalifa diresmikan pada 4 Januari 2010, di rancang oleh perusahaan dari Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction. Total lantai gedung ini sebanyak 160 lantai yang dapat dihuni untuk menunju kesetiap lantai Burj Khalifa dilengkapi 54 lift dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Berikut 6 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia Burj Khalifa

  • Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia
  • Desainnya mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani
  • Pekerja yang perlu dikerahkan sebanyak 12.000 orang.
  • Berat beton untuk membangun gedung ini setara 100.000 gajah. Struktur bajanya setara baja pesawat Airbus 380 sebanyak 5 unit.
  • Beberapa rekor terpecahkan berkat gedung ini sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, dek observasi tertinggi di dunia, lift berjarak terjauh serta lantai tertinggi di dunia yang bisa di huni manusia.
  • Biaya yang dihabiskan membangun gedung ini sebesar $1,5 miliar dollar AS
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Burj Khalifa
Gedung Tertinggi di Dunia Burj Khalifa. Image via: Burj Khalifa

2. Menara Shanghai (Lujiazui, Pudong, Shanghai)

Pembangunan gedung ini di mulai pada 29 November 2008 selesai pada tahun 2014 di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Menara Shanghai merupakan salah satu keajaiban arsitektur yang paling mengesankan di dunia ketinggiannya mencapai 632 meter menjadikan gedung pencakar langit ini tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa.

Berikut 5 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia Menara Shanghai

  • Menara Shanghai di desain oleh perusahaan Amerika Gensler tapi tim desainnya di pimpin oleh Jun Xia, yang lahir dan dibesarkan di Shanghai lulusan Universitas Tongji, China.
  • Mempunyai lift tercepat di dunia, kecepatannya mencapai 74 kilometer / jam.
  • Lantai 121 merupakan dek observasi tertinggi di dunia menawarkan pemandangan Lizayawui dan Sungai Huangpu kepada para pengunjung.
  • Menara Shanghai merupakan gedung tertinggi kedua di dunia.
  • Dalam keadaan kosong gedung ini dapat menampung sebanyak 16.000 orang dalam waktu bersamaan
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Menara Shanghai
Gedung Tertinggi di Dunia Menara Shanghai. Image via: Klook

3. Makkah Royal Clock Towers (Mekkah, Arab Saudi)

Makkah Royal Clock Towers merupakan bangunan menara jam terbesar di dunia lebih besar tiga kali lipat dari Menara jam raksasa Big Ben di London. Menara jam ini berada di depan Masjidil Haram dengan ketinggian 601 meter. Pada malam hari jam Menara Makkah Royal Clock Towers akan berwarna hijau yang bisa dilihat dari jarak 17 kilometer, sedangkan siang hari akan berwarna putih dan masih bisa terlihat dari jarak 12 kilometer.

Berikut 5 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia Makkah Royal Clock Towers

  • Makkah Royal Clock Towers adalah Menara tertinggi ketiga didunia.
  • Ukurannya 3 kali lipat dari menara raksasa Big Ben.
  • Dua juta lampu LED dibawah jam dinyalakan lima kali sehari sebagai pertanda waktu shalat. Lampu ini bisa terlihat terangnya sampai 28 kilometer.
  • Menara jam ini memiliki 4 sisi yang bertuliskan Arab yang bermakna kaligrafi, shalawat, dan kalimat dalam bahasa Arab. Dan, pada atap menara terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang bertuliskan الله yang berartikan Allah, tuhan umat Islam.
  • Total berat jam Makkah Royal Clock Tower adalah 36.000 ton menggunakan besi 12.000 ton dan berat motor penggeraknya sekitar 21 ton.
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta
Gedung Tertinggi di Dunia Makkah Royal Clock Towers. Image via: VSCO

4. Ping An Finance Centre (Shenzhen, China)

Banyak kota-kota di China membangun bangunan tinggi salah satunya adalah kota Shenzhen, Guangdong, satu bangunan yang menarik banyak perhatian karena ketinggiannya yaitu Ping An Finance Centre yang merupakan gedung pencakar langit tertinggi ke empat di dunia. Bangunan ini mempunyai 115 lantai dengan ketinggian 599 meter dirancang oleh firma arsitektur Amerika Kohn Pedersen Fox Associates, pembangunannya selesai pada 2017 lalu.

Baca Juga: Berikut 6 Rumah dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Ping An menghadirkan berbagai area perkantoran, pusat konfrensi, restoran, pusat perbelanjaan kelas atas dan koneksi transportasi menuju kota, serta akses ke Pelabuhan Sungai Delta.

Berikut 5 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia Ping An Finance Centre

  • Ping An Finance Centre menggunakan baja anti karat terbesar di dunia dengan rincian sebanyak 1.700 ton berjenis 316L.
  • Gedung ini merupakan pencakar langit tertinggi ke empat di dunia.
  • Dilengkapi dengan 33 elevator dek ganda, kecepatan liftnya hingga 10 meter/detik.
  • Lantai 116 merupakan dek observasi bernama Free Sky.
  • Diperkirakan dana untuk membangun bangunan ini adalah US$1.5 Miliar.
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Ping An Finance
Gedung Tertinggi di Dunia Ping An Finance. Image via: ArchDaily

5. Lotte World Tower (Seoul, Korea Selatan)

Korea Selatan juga mempunyai gedung tertinggi di dunia bernama Lotte World Tower. Perlu 13 tahun untuk merencanakan dan persiapan lokasi untuk gedung pencakar langit ini. Sampai akhirnya pada November 2010 pemerintah Korea Selatan memperoleh persetujuan.

Lotte Word Tower terletak di ibukota Seoul, Korea Selatan, memiliki ketinggian 555,7 meter (1.823 kaki) dengan ketinggian seperti itu gedung ini mempunyai 123 lantai atas dan 6 lantai dibawah. Gedung ini dibuka untuk umum pada 11 April 2017 lalu.

Berikut 4 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia Lotte World Tower

  • Gedung ini merupakan pencakar langit tertinggi ke lima di dunia.
  • Memiliki obsevatorium tertinggi di dunia dengn lantai kaca yang dapat menahan berat seekor gajah dewasa.
  • Di lantai 85 terdapat kolam tertinggi di dunia.
  • Memiliki taman rekreasi yang dapat terlihat dari lantai 102. Di sini ada wahana taman berisi gelanggang es dan museum rakyat.
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta Lotte World Tower
Gedung Tertinggi di Dunia Lotte World Tower. Image via: Wikipedia

6. One World Trade Center (New York, Amerika Serikat)

Dulunya bangunan pencakar langit tertinggi ke enam di dunia ini bernama Freedom Tower kemudian berganti nama menjadi One World Trade Center dikenal sebagai 1 WTC. Terletak di New York City dengan ketinggian 541,3 meter memiliki 104 lantai di tambah 5 lantai di bawah tanah. One World Trade Center dibangun menggunakan gaya arsitektur modern.

Berikut 5 Fakta Gedung Tertinggi di Dunia One World Trade Center

  • Gedung ini merupakan pencakar langit tertinggi ke enam di dunia.
  • Kecepatan elevatornya mencapai 540 meter per menit.
  • Gedung ini dirancang khusus sebagai gesung ramah lingkungan
  • Untuk Keamanan gedung ini dilengkapi sistem keamanan yang canggih. Sistem tersebut dipasang di berbagai penjuru lift, pintu masuk, dan tempat lainnya.
  • Ketinggian gedung ini mencapai 541 meter atau 1.776 kaki. Angka tersebut mencerminkan tahun sewaktu Amerika mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris.
Gedung Tertinggi di Dunia dan Fakta One World Trade Center
Gedung Tertinggi di Dunia One World Trade Center. Image via: Loving New York

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *