Wow Berikut 5 Proyek Raksasa Termahal di Dunia

Proyek Raksasa di Dunia Dubailand
Proyek Raksasa Temahal di Dunia Dubailand. Image via Rainbow Properti

Proyek raksasa ini akan membuat kalian sangat terkejut bagaimana tidak biaya pembangunannya saja melebihi Rp 100 trilun sampai Rp 1.000 triliun lebih menjadikannya proyek raksasa termahal di dunia. Proyek-proyek dibawah ini dibuat sangat ambisius mulai dari pembuatan wahana antariksa internasional hingga taman bermain super luas di Dubai.

Penasaran? Berikut 5 Proyek Raksasa Termahal di Dunia

1. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Ada 16 negara di dunia yang terlibat dalam pembangunan ISS atau Intenational Space Station yang merupakan proyek raksasa termahal di dunia.

Baca Juga: 8 Fakta Keren Stasiun Canggih Luar Angkasa ISS

ISS ini merupakan wahana antariksa tercanggih saat ini yang pernah dibuat manusia diluar angkasa. Anggaran yang diperlukan untuk membuatnya adalah sebesar USD1 triliun setara dengan Rp 14.000 triliun lebih.

Fakta Keren Stasiun Canggih Luar Angkasa ISS
Stasiun Luar angkasa ISS adalah teknologi tercanggih yang berada di luar angkasa dibuat oleh 16 negara di dunia. Image via: roadtovr

2. Dubailand, Dubai

Tidak hanya pembangunan pencakar langit saja yang dibuat negara Dubai tapi juga taman bermain raksasa super luas meliputi taman bermain, tempat olahraga, Eco-tourism, fasilitas kesehatan, atraksi ilmah, serta hotel terbesar di dunia dengan kapasitas 6.500 kamar dan mall seluas 1 kilometer persegi. Tahukah kalian Dubailand adalah Disneynya versi Dubai dengan luas 278 kilometer persegi wow. Proyek raksasa ini diperkirakan akan menghabiskan banyak dana sekitar Rp 1.048 triliun menjadikannya Proyek termahal di dunia. Pada tahun 2003 proyek ini di umumkan dengan sangat ambisius yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2025. Tertarik berlibur kesana?

 Proyek Raksasa Temahal di Dunia Dubailand
Proyek Raksasa Temahal di Dunia Dubailand. Image via: Which School Advisor.

3. Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai

Untuk memenuhi pengunjung lokal maupun internasional, negara Dubai akan membangun proyek raksasa termahal di dunia seluas 6.500 hektar yaitu pembuatan Bandara Internasional Al Maktoum. Bandara ini dirancang mampu menampung pesawat sebanyak 200 unit dalam waktu bersamaan. Proyek raksasa ini memakan biaya sebesar USD$32 miliar setara Rp 450 triliun wow. Kalau beli kerupuk berapa banyak ya, silahkah komen dibawah.

Baca Juga:

Megaproyek Temahal di Dunia Al Maktoum
Proyek Raksasa Temahal di Dunia Al Maktoum. Image via: The National.

4. London Crossrail, London

Proyek raksasa lainnya yang tidak kalah dengan negara Dubai adalah London Crossrail, proyek ini mengembangkan terowongan bawah tanah sepanjang 50 kilometer yang mampu menghubungkan 40 stasiun. Pengembangan ini menghabiskan dana sekitar Rp 324 triliun.

Proyek Temahal di Dunia London Crossrail
Proyek Raksasa Temahal di Dunia London Crossrail. Image via: Railway Gazette.

5. Jubail II, Arab Saudi

Negara Arab Saudi juga mempunyai proyek raksasa lainnya membangun sebuah kota industri yang nantinya bisa menampung lebih dari 100 pabrik dilengkapi jalan tol, infrastruktur hingga jalur kereta api. Proyek ini memakan waktu 22 tahun dan tahap 2 sudah dimulai pada 2014 lalu. Biaya pengembangannya akan memakan dana sebesar USD 11 miliar setara dengan Rp 155 triliun.

Mega Proyek Temahal di Dunia Jubail II
Proyek Raksasa Temahal di Dunia Jubail II. Image via: SkyscraperCity

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *