Berhasil Terbang, Ingenuity Helikopter Pertama di Planet Mars

Berhasil Terbang, Ingenuity Helikopter Pertama di Planet Mars
Helikopter Mars Ingenuity NASA menjadi pesawat pertama dalam sejarah yang melakukan penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain pada 19 April 2021.

NASA menjadi lembaga antariksa pertama di dunia yang berhasil menerbangkan helikopter mini berteknologi canggih bernama Ingenuity di planet Mars

Ingenuity diluncurkan bersama robot penjelajah planet Mars Perseverance pada 30 Juli 2020. Setelah melakukan perjalanan selama 7 bulan lamanya, hari kedatangan robot penjelajah ini pun datang juga.

Pada 18 Februari 2021 Perseverance dan Ingenuity berhasil mendarat dengan selamat setelah melalui beberapa tahapan pendaratan yang rumit (entry, descent, and landing/EDL), yang oleh NASA disebut sebagai “teror tujuh menit”, kesalahan sedikit saja membuat robot canggih ini jatuh terhempas dan rusak parah.

Dengan peralatan canggih yang dibawa Perseverance dia berhasil mengambil beberapa foto menakjubkan daratan planet Mars yang sebelumnya belum bisa dilihat oleh manusia.

Perseverance menjadi wahana penjelajah Mars kelima yang dikirim oleh NASA ke Mars, setelah Sojourner, Spirit, Opportunity, dan Curiosity. Perseverance juga merupakan robot penjelajah Mars terbesar dan terberat yang pernah dibuat NASA.

Tugas Perseverance adalah untuk menjelajah planet Mars dan meneliti apakah ada potensi kehidupan disana.

Kerennya NASA tidak hanya membuat robot yang hanya berjalan di planet merah tersebut tapi juga menyertakan helikopter canggih bernama Ingenuity.

Iya kalian tidak salah baca Ingenuity merupakan helikopter pertama dalam sejarah yang dirancang bisa terbang diplanet lain.

Baca Juga:

Hari penerbangan Ingenuty pun telah tiba tepatnya tanggal 19 April 2021, NASA telah berhasil melakukan uji terbang pertama dan bersejarah bagi umat manusia.

Uji terbang pertama helikopter Ingenuty berhasil terbang setinggi 3 meter dari permukaan planet Mars dan direkam langsung oleh robot Perseverance dari kejauhan dengan menggunakan kamera canggih Matcam-Z.

Tidak sampai disitu beberapa hari setelah uji terbang pertama NASA kembali menguji Ingenuty untuk yang kedua kalinya.

Tepat pada tanggal 22 April 2021 NASA berhasil menerbangkan Ingenuity selama 52 detik dan menaikkan ketinggian hingga 16 kaki (5 meter) dari sebelumnya 10 kaki (3 meter).

Helikopter Mars Ingenuity NASA menjadi pesawat pertama dalam sejarah yang melakukan penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain pada 19 April 2021.

Teknologi Ingenuity diharapkan bisa membuka peluang mengembangkan helikopter lebih canggih lagi pada masa mendatang untuk menjelajah permukaan Mars maupun di planet lainnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *