Ngeri! Kecepatannya Mencapai 415,6 petaflops, Inilah 5 Superkomputer tercepat di Dunia

komputer tercepat di dunia
Supercomputer Fugaku. Image via: Inceptive Mind

Setelah sekian lama superkomputer tercepat di dunia dipegang oleh Amerika Serikat dan China. Kini Jepang juga mengeluarkan superkomputer terbaru mereka yaitu Fugaku. Superkomputer ini memiliki kecepatan 415,6 petaflops melebihi superkomputer tercepat Summit milik Amerika dan TaihuLight milik China. Superkomputer ini dibuat biasanya untuk melakukan simulasi, penelitian, analisis, simulasi perubahan iklim bahkan mensimulasikan ledakan nuklir bawah tanah.

Berikut 5 Superkomputer tercepat di Dunia

1. Superkomputer Fugaku (Jepang)

Jepang berhasil menggeser superkomputer Summit ke posisi kedua, berkat superkomputer tercepat di dunia, Fugaku. Fugaku yang berarti gunung Fuji, dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Fujitsu. Teknologi chipnya di pasok oleh Arm yang bermarkas di Inggris. Superkomputer ini memiliki kecepatan 415,6 petaflops atau sekitar 2,8 kali lebih cepat dari Summit yang kecepatannya 148,6 petaflops.

Kini Fugaku digunakan untuk membatu meriset terkait wabah Covid-19, termasuk dalam hal diagnosa, penyebaran, penanganan, serta simulasi bagaimana droplets atau tetesan cairan tubuh menyebar di dalam ruangan kantor.

Superkomputer Fugaku
Superkomputer Fugaku. Image via: TechPowerUp

2 Superkomputer Summit (Amerika Serikat)

Summit merupakan superkomputer tercepat kedua di dunia. Super komputer buatan IBM ini dilengkapi 4.608 server komputasi, 22 chip IBM Power9 dan enam kartu grafis Nvidia Tesla V100. Mesinnya akan dibekali lebih dari 10 petabytes memori dapat menangani data hingga 200.000 quadrillion kalkulasi perdetik digunakan untuk penelitian seperti mensimulasikan perubahan musim, ledakan bintang dan reaksi nuklir. super komputer ini juga merupakan yang paling hemat energi ke-5 di dunia.

Superkomputer tercepat di dunia
Superkomputer Summit. Image via: Wikipedia

3. Superkomputer Sierra (Amerika Serikat)

Spesifikasi Sierra hampir sama dengan superkomputer Summit hanya saja Sierra memiliki lebih sedikit core yaitu 1,6 juta core sedangkan Summit mempunyai 2,4 juta core. Pemerintah Amerika Serikat telah banyak berinvestasi pada superkomputer ini agar bisa di gunakan untuk penelitian penyembuh kanker, perubahan iklim serta mensimulasikan pengujian nuklir bawah tanah secara simulasi.

Super komputer paling cepat di dunia
Superkomputer Sierra. Image via: Business Insider

4. Superkomputer TaihuLight (China)

Tidak hanya bersaing dalam perdagangan China juga bisa menyaingi Amerika Serikat dalam hal superkomputer tercepat di dunia. Superkomputer buatan China ini dinamakan TaihuLight, para ahli komputer China menggunakan chip buatan mereka sendiri setelah Amerika mengembargo ekspor chip berkecepatan tinggi ke Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga:

Super komputer ini menempati posisi ke empat di dunia. Mampu mengolah data dengan kecepatan 93 quadrillion kalkulasi perdetik. TaihuLight dilengkapi 41.000 chip prosesor masing-masing mempunyai 260 core. Kalau di totalkan ada 10,65 juta core yang menjadi otak komputer ini.

Super komputer tercepat di dunia
Superkomputer TaihuLight. Image via: Dailymail

5. Superkomputer Tianhe-2 (China)

Tianhe-2 juga merupakan bautan dari Negeri Tirai Bambu. Superkomputer ini bernama Tianhe-2 yang berarti Bima Sakti 2, dibangun untuk keperluan penelitian, simulasi, analisis dan pengembangan aplikasi keamanan nasional.

Tianhe-2 dilengkapi 32.000 prosessor Intel Xeon E5-2692 12C dengan jumlah core 3.120.000 core ditambah RAM 1,024 Petabyte dan penyimpanan 12,4 Petabyte. Spesifikasi di atas membuat Tianhe-2 mampu melakukan 33.860 triliun kalkulasi perdetik.

daftar Komputer tercepat di dunia
Superkomputer Tianhe-2. Image via: Wikipedia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *