5 Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia

Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia
Ilustrasi Hacker. Image via: Hewlett Foundation

Hacker adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus di bidang komputer. Mereka dapat menganalisa, mengidentifikasi kelemahan, menerobos serta merusak sistem komputer yang aman. Ada tiga tipe hacker yaitu White Hat Hackers, Black Hat Hacker, Gray Hat Hacker.

White Hat Hacker ialah para peretas keamanan cyber yang mempunyai tugas untuk mencari kelemahan dari sistem keamanan komputer dan memberitahu bagaimana cara meningkatkannya. Berbeda dengan Black Hat Hacker, hacker jenis ini selalu melakukan kejahatan, penipuan dan mencuri demi keuntungan diri sendiri dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan target mereka. Sedangkan Gray Hat Hacker adalah orang-orang yang tertantang dan termotivasi untuk melakukan penerobosan sistem paling aman. Mereka tidak mengambil keuntungan dari keahlian mereka dan tidak juga mencuri data yang mereka retas.

Berikut 5 Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia

1. Negara China

Negara China menempati posisi pertama dengan jumlah hacker terbanyak di dunia sekitar 41 persen. Para peretas ini melakukan sebagian besar serangan untuk meretas jaringan Amerika Serikat dan sekutunya.

Pada September 2019 Airbus mengalami serangan cyber serta serangan cyber pada utilitas Amerika pada Agustus 2019. Serangan ini dicurigai di lakukan oleh peretas dari China. Baru-baru ini FBI juga bersiap mengeluarkan peringatan bahwa peretas dan mata-mata China mencoba melakukan pencurian terhadap data vaksin Amerika Serikat dalam upaya menghancurkan untuk mengembangan vaksin dan perawatan virus corona. Klik untuk membaca berita lengkap di The New York Times.

Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia
Ilustrasi Hacker. Image via: IoT World Today

2. Negara Amerika Serikat

Sekitar 10 persen hacker di dunia berada di Amerika Serikat dilihat dari lalu lintas serangan cyber. Pada Juni 2019 presiden Trump pernah memerintahkan serangan cyber terhadap sistem senjata Iran serta Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dengan mengirim virus Stuxnet untuk menggangu kinerja sentrifugal.

jumlah hacker di dunia
Ilustrasi Hacker. Image via: Government Technology

3. Negara Turki

Dari serangan cyber di seluruh dunia Negara Turki menempati posisi ke tiga dengan tingkat 4,7 persen. Salah satu kelompok peretas paling terkenal adalah “Ayyıldız” yang didirikan pada tahun 2002. Ayyıldız berhasil meretas website Departemen Pertahanan Amerika Serikat, keberhasilan ini membuat mereka terkenal di seluruh dunia. Mereka juga menyerang sesama para hacker.

negara terbanyak hacker
Ilustrasi Hacker. SImplilearn

4. Negara Rusia

Negara saingan Amerika Serikat ini juga mempunyai jumlah hacker terbanyak di dunia sekitar 4,3 persen. Kehebatan mereka telah terbukti pada April 2015 dengan menembus bagian sensitif Gedung Putih dan melakukan peretasan lainnya terhadap situs paling aman di negara-negara seperti Prancis, Jerman, Inggris dan negara lainnya.

Baca Juga: 5 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa

hacker terhebat di dunia
Ilustrasi Hacker. Image via: Primecreations

5. Taiwan

Taiwan juga mempunyai banyak hacker hebat yang bisa menembus sistem keamanan komputer dengan mudah. Tahun lalu tepatnya pada November 2019 Taiwan dan Amerika Serikat bekerja sama untuk latihan perang cyber.

hacker terkenal sepanjang masa
Ilustrasi Hacker. Image via: Daijiworld

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *