5 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa

Sistem keamanan komputer lemah akan dengan mudah diretas para hacker. Hacker adalah seseorang yang mempelajari, menganalisis, menerobos sistem komputer dengan tujuan baik atau buruk. Hacker yang baik akan memberitahu kelemahan sebuah sistem untuk diperbaiki dan biasanya hacker ini akan membantu bagaimana cara meningkatkan sistem keamanan komputer berbeda dengan hacker dengan tujuan buruk, hacker ini akan mencuri, merusak, memanipulasi serta menyebarkan backdoor di sistem internal perusahaan untuk kemudian digunakan melakukan pencurian data seperti yang dilakukan hacker terkenal sepanjang masa Albert Gonzalez, berkat aksi peretasannya dia berhasil mencuri berjuta-juta kartu kredit lalu menjual untuk keuntungan diri sendiri.

Hacker terkenal sepanjang masa
Image via: Open Data Security

5 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa

1. Kevin Mitnick

Pada abad 20 Kevin Mitnick adalah hacker paling terkenal sepanjang masa dan paling dicari di Amerika karena melakukan peretasan dan menyusup ke sistem komputer perusahaan secara ilegal. Sejak muda Kevin telah meretas komputer COSMOS (Computer System Mainstream Operation) pada saat itu umur kevin masih 17 tahun berhasil meretas pusat data telepon Amerika milik perusahaan pacific Bell di Los Angeles. Akibat perbuatannya dia dijobloskan ke penjara dan harus merasakan dinginnya teralis besi. Dinginnya teralis besi tidak menghalangi Kevin terus melakukan peretasan, pada 1983 dia dituduh membobol departemen pertahanan Amerika Serikat, Pentagon menggunakan ARPANet melalui terminal kampus USC, dan kemudian dia ditangkap dan dipenjarakan lagi. setelah bebas, Kevin ingin hidup dengan ketenangan dan damai. Tapi hal itu tidak berlangsung lama, karena pada 1987 Kevin Mitnick lagi lagi dituduh menyusup perusahaan Santa Cruz Organization sebuah perusahaan yang bergerak di sistem operasi unix. Akibat perbuatannya dia masuk penjara selama 3 tahun. Setelah merasakan 3 tahun lamanya di penjara Kevin Mitnick tidak jera sekalipun dan tetap melakukan peretasan ke perusahanan-perusahaan seperti Equipment Corporation, Tel Tec Detective, Fujitsu, Motorola, Nokia, dan Sun Microsystems. Kevin Mitnick menjadi hacker yang paling di cari oleh FBI, mengakibatkan Kevin harus berpindah-pindah satu kota ke kota lainnya untuk menghindari FBI, pada 1995 langkah Kevin terhenti oleh FBI dan dipenjara selama 4 tahun tanpa kepastian hukum, namun pada tahun 2000 Kevin di bebaskan dengan syarat dilarang menggunakan komputer. Dua tahun kemudian, Kevin diperbolehkan lagi menggunakan komputer tanpa jaringan internet. Dan setahun sesudahnya pada tahun 2003 barulah diperbolehkan menggunakan akses internet untuk pertama kalinya sejak dia dipenjara. Sekarang Kevin Mitnick sudah tidak lagi melakukan peretasan dan menggunakan keahliannya menjadi seorang konsultan keamanan perusahaan.

Hacker terkenal sepanjang masa
Hacker terkenal sepanjang masa Kevin Mitnick. Image via: Cayman Compass

2. Grup Hacker Anonymous

Anonymous dibentuk pada tahun 2003 merupakan grup hacker paling terkenal di sepanjang masa. Mereka mempunyai ciri khas yaitu selalu menggunakan topeng Guys Fawkes atau V for Vandetta. Misi mereka adalah menentang adanya sensor dalam dunia internet dan pengawasan oleh pemerintah. Uniknya grup hacker ini tidak mempunyai pemimpin dalam melakukan peretasan, mereka adalah individu-individu dari seluruh negara berbeda yang saling bekerja sama, dengan begini Anonymous sangat sulit di lacak polisi. Pada 2012 Majalah Time memasukkan nama kelompot hacker Anonymous sebagai hacker yang paling berpengaruh di dunia. Hal ini dikarenakan aksi mereka yang menyerang website-website penting untuk menandakan keprotesan dan ketidaksetujuan mereka terdapap sesuatu. Salah satu contohnya adalah pada tahun 2012 Anonymous menyerang dan berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI dan Motion Picture Association of America (MPAA). Hal tersebut dikarenakan pihak-pihak tersebut dianggap bertanggung jawab atas tutupnya website Megaupload. Selain itu, mereka juga pernah menyerang situs penting milik Israel sebagai aksi protes terhadap serangan Israel terhadap Negara Palestina.

hacker terhebat di dunia
Grup Hacker Anonymous. Image via: Twitter

3. Adrian Lamo

Saat berusia 20 tahun Adrian Lamo berhasil memodifikasi artikel Reuters yang tidak dilindungi Yahoo dan menambahkan kutipan palsu yang dikaitkan dengan mantan Jaksa Agung John Ashcroft. Adrian meretas dengan tujuan untuk memberitahu perusahaan bahwa terdapat kelemahan pada sistem komputer mereka dalam beberapa kasus Adrian juga membantu bagaimana cara meningkatkan keamanan. Hacker ini juga pernah meretas sistem New York Times, Microsoft dan yahoo. Akibat perbuatannya, Lamo harus berhadapan dengan hukum. Tapi sayangnya, Adrian Lamo telah meninggal pada tahun 2018 lalu dengan usia 37 tahun, tidak di ketahui bagaimana Lamo bisa meninggal.

hacker legendaris
Adrian Lamo. Image via: ZDnet

4. Albert Gonzalez

Hacker paling terkenal sepanjang masa selanjutnya adalah Albert Gonzalez, seorang hacker komputer yang dituduh mendalangi pencurian kartu kredit dan menjualnya kembali sebanyak 170 juta kartu ATM serta nomor rekening dari tahun 2005 hingga 2007. Pencurian ini merupakan penipuan terbesar dalam sejarah. Gonzalez dan kelompoknya menggunakan injeksi SQL untuk menyebarkan backdoors di sistem komputer perusahaan untuk bisa meluncurkan paket sniffing yang memungkinkan dia untuk mencuri data komputer dari jaringan internal perusahaan. Pada 25 Maret 2010, Gonzalez dijatuhi hukuman 20 tahun penjara federal

Baca Juga: 5 Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia

Hacker terkenal sepanjang masa
Hacker berbahaya Albert Gonzalez. Image via: Mind Blowing Facts

5. Matthew Bevan dan Richard Pryce

Pemerintah Amerika Serikat dibuat pusing oleh dua orang hacker ini karena mereka berhasil meretas jaringan Pentagon selama berminggu-minggu pada tahun 1994. Matthew Bevan dan Richard Pryce juga mencegat pesan dari para agen rahasia Amerika yang bertugas di Korea Utara tidak cukup sampai di situ mereka juga menyalin simulasi perang dari Pangkalan Udara Militer Griffiss di New York dan mendapatkan akses ke fasilitas nuklir korea utara.

daftar hacker terbaik di dunia
Matthew Bevan dan Richard Pryce. Image via internet

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *