5 Fakta Tencent Perusahan Terbesar di China dan Dunia

Fakta Menarik Tencent
Fakta Menarik Tencent. Image via: Jing Daily

Kalau kalian sering main PUBG pasti sering melihat tulisan Tencent ya kan. Tencent merupakan perusahaan video game terbesar di dunia. Tencent sendiri didirikan oleh Ma Huateng pada 1998 yang produk awalnya adalah aplikasi perpesanan.

Nah, kali ini Tehgram akan memberitahu kalian beberapa fakta menarik tentang Tencent, mungkin bisa menambah pengetahuan kalian dari ulasan dibawah ini ya.

Berikut 5 Fakta Menarik Tencent

1. Awal mula bisnis Tencent bukanlah game yang kita kenal sekarang. Tapi, sebuah aplikasi perpesanan yang bernama QQ yang sudah ada sejak tahun 1999. Sampai sekarang aplikasi perpesanan QQ terus berkembang mempunyai layanan yang banyak sekali contohnya saja jika kalian mau berbelanja bisa melakukannya dengan aplikasi ini saja.

2. Lebih dari satu miliar pengguna di China menggunakan WeChat. Ma Huateng sang pendiri Tencent membuat aplikasi ini dengan tujuan membantu banyak orang berkomunikasi dengan mudah. Dia sendiri pun menggunakannya hingga ia bertemu dengan istrinya lewat aplikasi yang dia buat sendiri.

3. Tencent termasuk perusahaan terbesar di China dan dunia. Di China sendiri Tencent bersanding dengan perusahaan besar lainnya seperti Alibaba dan Baidu.

4. Pengembang game asal Amerika Serikat Riot Games ternyata sudah diakusisi Tencent sejak 2015 lalu. Ceritanya adalah pada 2008 Tencent hanya memiliki 22,34% saham Riot Games. Tiga tahun kemudian tepatnta 2011 Tencent menambah kepemilikan sahamnya lagi di Riot Games sampai 92,78%. Tepat pada Desember 2015, Riot Games menjual sisa sahamnya dan sepenuhnya milik Tencent.

Tidak puas kalau hanya mengakusisi Riot Games, Tencent kembali membeli saham pengembang game lainnya yaitu Epic Games yang merupakan pencipta Unreal Engine yang sering digunakan di game-game terkenal seperti Final Fantasy VII Remake, Gears 5, Borderlands, Street Fighter V, Fortnite dan masih banyak lagi. Kepemilikan saham Tencent di Epic Games cukup besar hingga 40% pembelian saham ini dilakukan pada tahun 2013.

Baca juga:

Tencent juga memiliki jumlah saham yang sangat besar di Supercell pengembang game mobile Clash of Clans dan Clash Rolaye. Kepemilikan Tencent di Supercell sekitar 84 persen yang mereka beli pada tahun 2016.

5. Tencent juga pernah melewati masa-masa sulit dimana mereka tidak mendapatkan untung sama sekali selama bertahun-tahun lewat layanan pesan aplikasi QQ. Pada 2002 mereka menutup layanan gratis dan mengharuskan pengguna membayar biaya keanggotaan. Karena persaingan ketat dengan aplikasi lainnya, Tencent membatalkan niat tersebut. Barulah ketika Tencent merilis WeChat perusahaan mulai membaik dan berkembang pesat hingga sekarang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *