17 Fakta Negara Italia dan 3 Tempat Wisata Menariknya

Fakta negara italia
Trevi Fountain. Image via: Italian Dual Citizenship.

Ibukota Italia adalah Roma, uniknya di kota ini juga terdapat negara kecil yaitu Vatikan yang luasnya hanya 49 ha. Roma juga mempunyai tempat bersejarah yang terkenal sampai ke seluruh dunia yaitu Colosseum, tempat ini pada zamannya digunakan untuk pertarungan antara gladiator dengan hewan buas, Colosseum sendiri diperkirakan dapat menampung 50.000 penonton. Itulah sedikit fakta tentang negara Italia yang ada di kota Roma, dibawah ini kalian akan mendapatkan fakta yang lebih banyak lagi tentang Italia dan tempat wisata menariknya.   

Berikut 17 Fakta Menarik Tentang Negara Italia

1. Nama resmi negara Italia adalah Italian Republik (Repubblica Italiana/Republik Italia).

2. Italia sendiri berarti tanah anak sapi (calf land).

3. Ada aturan yang melarang para pengemudi menyetir jika tidak mengenakan sepatu.

4. Carlo Collodi (1826-1890) adalah penulis Pinocchio yang berasal dari Italia.

Fakta Italia
Colosseum, Rome, Italy. Image via: Britannica.

5. Di kota Roma, Italia banyak sekali terdapat sisa prasasti sejarah yang masih tertimbun dan belum digali. Bila diperkirakan ada sekitar 90%.

6. Sekitar 50 situs warisan dunia di Italia terdaftar di UNESCO. Italia menjadi negara terbanyak mempunyai situs warisan dunia.

7. Italia adalah tempat pertama kali diciptakannya alat music violin dan cello.

Baca Juga: 15 Fakta Menarik Finlandia dan 3 Tempat Wisata Populernya

8. Sepak bola adalah olahraga paling populer di Italia.

9. Ada banyak sekali tulisan S.P.Q.R yang tersebar di jalanan tembok hingga di patung. Simbol ini adalah singkatan dari “Senatus Populusque Romanus” yang berarti ‘senat dan rakyat Roma’.

10. Di Italia dilarang meminum Cappuccino pada siang hari.

11. Jika kalian sedang berlibur di Italia, kalian tidak perlu repot membeli air minum karena setiap air mancur kecil yang tersebar di kota dapat langsung diminum.

Fakta Italy
Pizza Italy. Image via: CNBC

12. Pizza merupakan makanan khas Italia yang diciptakan tahun 1860.

13. Setiap tahun ada lebih dari 50 juta turis dari seluruh dunia untuk berwisata di Italia.

14. Italia menduduki posisi keempat didunia sebagai negara dengan cadangan emas terbesar di dunia setelah Amerika Serikat, Germany, dan IMF.

Baca Juga: 21 Fakta Menarik Negara Spanyol dan Tempat Wisata Terpopulernya

15. Serigala Italia adalah binatang nasional Italia yang tidak resmi dan berperan besar dalam legenda lahirnya kota Roma.

16. Ada dua negara yang merdeka di Italia, yaitu Republik San Marino (25 mil persegi) dan Kota Vatikan (hanya 108.7 acre).

17. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Italia sangat bergantung sekali pada CCTV yang terpasang di tempat-tempat tertentu.

Berikut Tempat Wisata Menarik di Italia

1. Colosseum

Colosseum merupakan salah satu tempat wisata menarik untuk di kunjungi di Italia. Bangunan bersejarah ini dibangun pada 72 M dan selesai pada tahun 80 M. Tempat ini diperkirakan dapat menampung 50.000 penonton yang ingin melihat pertarungan gladiator dengan hewan buas pada zamannya.

2. Air Mancur Trevi Fountain

Berkunjunglah ke Air Macur Trevi, di sini kalian dapat menikmati air mancur indah hasil rancangan arsitek Italia Nicola Salvi. Namun, dalam penyelesaian air mancur ini diselesaikan oleh Pietro Bracci. Kalian jangan lupa juga untuk melempar koin ke kolam air mancur karena ada mitos yang mengatakan jika kalian melempar koin ke air mancur, suatu saat kalian akan bisa kembali lagi kota ini. Diperkirakan ada 3000 Euro yang terkumpul setiap harinya dari orang-orang yang melempar koin.

3. Museum Vatikan

Vatikan sendiri adalah sebuah negara kecil yang terletak di kota Roma, Italia. Nah disini terdapat museum Vatikan yang terkenal, menyimpan banyak lukisan dari pelukis terkenal dunia seperti Michelangelo, Raphael dan Fra Angelico. Tidak hanya lukisan banyak juga benda-benda lain yang menarik untuk di lihat.

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *