13 Fakta Menarik Belanda dan 3 Tempat Wisata Terpopulernya

Fakta Unik dan Menarik Belanda
Taman Bunga Keukenhof. Image via: Civitatis.

Pasti kalian sudah tahu salah satu negara Eropa ini yaitu Belanda. Tapi tahu kah kalian bahwa negara Belanda terletak di bawah permukaan air laut. Jadi dulunya Belanda sering terjadi banjir karena datarannya yang rendah maka dibuatlah kanal dan kincir angin. Kincir angin ini berfungsi sebagai pemasok energi untuk pompa-pompa yang nantinya menyedot air dan mengalirkannya ke laut maupun ke kanal-kanal. Dengan begitu air dapat dikendalikan dan dapat mencegah banjir ke tempat-tempat rendah. Ohh yaa.. Taman Bunga Keukenhof merupakan yang terbesar di Belanda. Di tempat wisata ini terdapat bunga Tulip, Anggrek, Sakura, Lavender, Mawar dan tumbuhan subtropis lainnya. Itulah sedikit fakta tentang negara Belanda dan tempat wisata menariknya. Jika ingin tahu lebih lanjut silahkan baca fakta dibawah ini.

Berikut 13 Fakta Negara Belanda yang Menarik untuk Diketahui

1. Bekerja dan hidup (workd-life balance) di Belanda sangat seimbang menurut laporan Organization for Economic Copertation and Development (OECD) hanya 0,5 persen karyawan yang bekerja melebihi jam kerja yang ditetapkan.

2. Amsterdam memiliki lebih banyak kanal daripada Venesia dan jembatan dari Paris.

Baca Juga: Berikut 14 Fakta Mauritius yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

3. Nama Amsterdam berasal dari nama kampung nelayan pada abad ke-12, yaitu dari nama sungai Amstel dan dam yang digunakan untuk mencegah banjir.

4. Jika kalian ke New York dan banyak melihat nama-nama disana menggunakan bahasa belanda. Itu karena Belanda pernah menjajah New York dan menamakannya New Amsterdam.

5. Di Amsterdam, semakin besar bangunan yang dibangun semakin besar juga pajaknya. Itu lah kenapa bangunan di Amsterdam terlihat sempit karena pemerintah disana mengenakan pajak berdasarkan ukuran bangunan.

Fakta Negara Belanda
Kanal di Amsterdam. Image via: Air Transat

6. Wilayah Belanda sepertiganya berada bawah permukaan laut.

7. Ternyata ada lebih dari 1.000 kincir angin yang masih berdiri di Belanda, sejak tahun 1850-an. Kincir angin tersebut digunakan untuk menghasilkan energi untuk pompa penyedot air yang berlebihan didaratan dan mengalirkannya ke laut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi banjir di wilayah daratan lebih rendah.

Baca Juga: 17 Fakta Negara Italia dan 3 Tempat Wisata Menariknya

8. Fakta menariknya, Sekitar 63% orang di kota Amsterdam, Belanda senang menggunakan sepeda setiap hari. Diperkirakan ada lebih dari 1 juta sepeda dikota tersebut.

9. Bagi yang suka mendaki gunung, sebaiknya jangan ke Belanda deh. Karena disini tidak ada gunung, yang ada hanya daratan yang datar saja.

10. 86% dari penduduk Belanda berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Fakta Belanda
Rotterdam, Belanda. Image via: JourneyRanger

11. Rotterdam adalah pelabuhan terbesar kedua di dunia.

12. Karena terbatasnya lahan di Belanda, makam di sana tidak ada yang permanen. Kamu tidak bisa membeli tanah disana dan hanya bisa menyewanya 5 hingga 20 tahun.

13. Ketika musim hujan, orang Belanda lebih memilih memakai jas hujan dari pada payung. Hal ini dikarenakan angin disana bertiup cukup kencang dan akan kesulitan jika menggunakan payung.

3 Tempat Wisata Menarik di Belanda

1. Kanal Amsterdam

Kanal merupakan hal yang sangat penting bagi Belanda, karena fungsinya sangat bermanfaat dalam pengendalian banjir. Di Belanda kanal-kanal ini disebut Canal Belt dengan panjang lebih dari 100 km dengan 90 pulau dan 1.500 jembatan. Nah di kanal ini kalian bisa menaiki transportasi air seperti kapal untuk mengelilingi kota Amsterdam dan menikmati bangunan indah di sana.

2. Taman Bunga Keukenhof

Bagi perempuan yang suka bunga, kunjungi lah taman bunga Keukenhof di Belanda. Taman ini disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah di dunia terkenal dengan ladang bunga tulip terbesar dan terbaik di Belanda. Tidak hanya Tulip ada juga beberbagai jenis bunga lainnya tumbur subur di taman ini seperti bunga Anggrek, Sakura, Lavender, Mawar dan tumbuhan subtropis lainnya.

3. Desa Kinderdijk

Kincir angin merupakan salah satu ikon negara Belanda yang terkenal. Nah jika kalian ingin melihat lebih dekat datanglah ke desa Kindedijk, di tempat ini terdapat 1.000 kincir angin yang berfungsi sebagai pemasok energi untuk pompa-pompa penyedot air untuk mengendalikan banjir. Desa ini sangat populer sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang paling banyak dikunjungi. Disini kalian bisa berfoto dengan latar belakang kincir angin ataupun bersepeda menggeliling desa untuk menikmati pemandangan sekitar. Tempat wisata ini terletak di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan atau sekitar 15 kilometer dari kota Rotterdam.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *